Konstruksi citra perempuan dalam berita kriminal pada media online Vivanews.com : Analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki pada berita kriminal Vivanews.com edisi September-Desember 2019

Pertiwi, Inez Revy (2021) Konstruksi citra perempuan dalam berita kriminal pada media online Vivanews.com : Analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki pada berita kriminal Vivanews.com edisi September-Desember 2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (739kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy

Abstract

Perempuan sering mengalami perlakuan diskriminatif bahkan hingga mengalami perlakuan dalam bentuk kekerasan dan kejahatan. Runtutan kisah mengenai fenomena sosial yang dialami oleh perempuan merupakan sebuah hal yang menarik bagi media massa. Karena khalayak memiliki minat yang tinggi terhadap pemberitaan yang melibatkan perempuan. Dalam berita kriminal seringkali perempuan menjadi korban dan menjadi objek dalam pemberitaan. Sehingga citra perempuan pada media ditampilkan dalam keadaan yang rapuh, ketergantungan, kepasrahan, dan ketidakberdayaan dalam budaya masyarakat patriarki. Maka dari itu perlunya untuk mengetahui realitas dari pembingkaian yang dilakukan oleh media online khususnya pada media online Vivanews.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui citra perempuan yang dimuat pada media online Vivanews.com. secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pembingkaian sebuah fakta yang dilakukan oleh Vivanews.com saat menyusun, mengisahkan, menuliskan, dan menekankan fakta agar pembaca memiliki opini yang sama dengan perspektif yang dilimiki oleh media. Jenis penelitian ini ialah penelitian yang menggunakan metode kualitatif dengan acuan teori analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Data yang dianalisis diperoleh melalui teks berita kriminal yang disudah diseleksi dan melakukan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian yang dilakukan mengindikasikan bahwa, struktur sintaksis dalam pemberitaan ini ditonjolkan melalui headline atau judul berita. Judul berita yang disampaikan menggambarkan posisi perempuan yang subordinasi atau kekerasan dengan menggunakan pengahlusan kata yang merugikan perempuan. Struktur skrip dalam pemberitaan ini lebih menonjolkan kepada pola how, why, dan what. Strukur tematik dalam pemberitaan ini disusun menggunakan dua tema berbeda yaitu, subordinasi dan kekerasan. Dan penggunaan kalimat-kalimat yang mengandung unsur eufimisme sebagai bentuk dari penonjolan. Struktur retoris dalam pemberitaan ini ditonjolkan melalui pemilihan gambar, kata atau gaya bahasa yang terkesan menyudutkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konstruksi; Berita Kriminal; Citra Perempuan; Media Online
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Criminology > Criminal Offenses
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Inez Revy Pertiwi
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:10
Last Modified: 27 Aug 2021 03:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42218

Actions (login required)

View Item View Item