Ferdiawati, Vonia (2021) Kreativitas guru dalam mengatasi kendala pembelajaran di masa pandemi : Studi deskriptif analisis di MI An Najaah Cicalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (381kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi timbulnya pandemi COVID-19 yang berpengaruh terhadap berbagai sektor kehidupan, termasuk bidang pendidikan yang harus menyesuaikan dengan aturan dan kebiasaan baru, yaitu proses pembelajaran yang semula dilaksanakan secara tatap muka menjadi proses pembelajaran daring. Dalam realitanya proses pembelajaran daring yang baru pertama diterapkan ternyata menemui berbagai kendala yang pada gilirannya menuntut guru untuk mengeluarkan segenap kemampuan serta kreativitas untuk mengatasinya. Permasalahan tersebut yang melatarbelakangi penelitian ini dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kendala pembelajaran yang ditemukan guru dalam proses pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga menguraikan kreativitas yang dilakukan guru dalam menyelesaikan kendala yang ditemui serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru di MI An Najaah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun penelitian ini dilakukan di MI An Najaah Cicalengka dengan melakukan wawancara kepada para guru dan melakukan obsevasi terhadap pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh guru pada setiap kelas. Hasil penelitian memperoleh temuan sebagai berikut : (1) Dalam proses pembelajaran daring kendala yang ditemukan yaitu tidak semua siswa memiliki gawai, tidak semua siswa dapat mengakses internet dengan stabil dan semangat belajar siswa yang rendah; (2) kreativitas guru dalam pembelajaran daring terbagi menjadi beberapa bentuk di antaranya memanfaatkan sumber ajar seperti buku tematik, internet ataupun Youtube, memilih media pembelajaran yang tepat berupa word square, teka teki silang, scramble, video di Youtube dan slide Power Point serta mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai seperti demonstrasi, drill atau pengulangan dan metode penugasan; (3) faktor pendukung kreativitas guru di antaranya adanya kesempatan mengikuti berbagai pelatihan, mengetahui berbagai permasalahan yang terjadi, keingintahuan yang tinggi, terbuka terhadap gagasan baru, berani mengambil resiko dan semangat dalam mengajar. Adapun yang menjadi faktor penghambat di antaranya waktu yang dimiliki guru terbatas, pengumpulan tugas tidak sesuai waktu yang ditentukan dan kurangnya kesejahteraan guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pandemi COVID-19; Kendala Pembelajaran; Kreativitas Guru |
Subjects: | Conscious Mental Process and Intelligence > Imagination, Imagery, Creativity Education Elementary Education Elementary Education > Elementary School Elementary Education > Elementary Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Vonia Ferdiawati |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 02:44 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 02:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/42292 |
Actions (login required)
View Item |