Mahmudin, Anur (2021) Pengaruh penggunaan Google Classroom terhadap minat siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian pada siswa kelas IX SMP PGRI 408 Cileunyi. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.
|
Text (Cover)
1_COVER.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (339kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (719kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
||
Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan, proses pembelajaran PAI dilakukan secara daring/online, pada saat pandemi covid-19. Hasil observasi dilapangan menunjukan bahwa di SMP PGRI 408 Cileunyi telah menggunakan sistem belajar secara daring/online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Respon siswa mengenai Google Classroom sebagai aplikasi pembelajaran daring. 2) Kondisi minat siswa dalam menggunakan Google Classroom terhadap mata pelajaran PAI. 3) Realitas hubungan penggunaan Google Classroom terhadap minat siswa dalam mata pelajaran PAI. Penelitian ini termasuk dalam penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif serta metode deskriptif. Responden pada penelitian adalah siswa kelas IX dengan jumlah 40 Siswa, dengan jumlah siswa laki-laki 15 siswa dan perempuan 25 siswa. Tempat dan waktu penelitian di SMP 408 Cileunyi tanggal 03 Mei 2021 s/d 08 Juli 2021. Teknik pengumpulan data melalui angket/questioner, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan. Adapun teknik analisis data yakni analisis parsial dan analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Penggunaan Google Classroom memiliki kualifikasi Baik dengan rata-rata 3,65 yang berada pada interval 3,5 – 4,2. (2) Minat Siswa memiliki kualifikasi Baik dengan rata-rata 3,95 yang berada pada interval 3,5 – 4,2. (3) Pengaruh penggunaan Google Classroom terhadap minat siswa, menghasilkan angka koefisien korelasi sebesar 0,55. Nilai ini termasuk kategori sedang/cukup yang berada pada skala interval 0,40 – 0,59. Derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 30,25%. Ini berarti masih terdapat faktor lain sebesar 69,75% yang memengaruhi minat siswa belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Google Classroom; minat siswa belajar |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anur Mahmudin |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 04:01 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 04:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/42307 |
Actions (login required)
View Item |