Pengembangan media pembelajaran E-Scrapbook terintegrasi nilai Islami pada materi ekosistem

Rasyid, Ghifari Abdul (2021) Pengembangan media pembelajaran E-Scrapbook terintegrasi nilai Islami pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN SUnan Gunung DJati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik media pembelajaran, menganalisis hasil uji kelayakan media pembelajaran, menganalisis hasil uji keterbacaan media pembelajaran e-scrapbook pada materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development atau metode penelitian dan pengembangan dengan model 3D yaitu define, design, dan development. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Cikalongwetan terhadap peserta didik kelas X MIPA yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi dan ahli media pembelajaran, dan lembar angket uji keterbacaan peserta didik terhadap media pembelajaran e-scrapbook. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan persentase lembar validasi media pembelajaran dan lembar angket uji keterbacaan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran bermuatan materi yang baik, dan mencakup kelayakan media pembelajaran, dengan hasil penilaian validasi ahli materi mencapai 87,5% ahli media 89% dan guru mata pelajaran 93%. Dan berdasarkan hasil uji keterbacaan oleh peserta didik media e-scrapbook menunjukkan hasil yang memuaskan dengan nilai rata rata 92%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; e-scrapbook: ekosistem;
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ghifari Abdul Rasyid
Date Deposited: 30 Aug 2021 05:49
Last Modified: 30 Aug 2021 05:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42316

Actions (login required)

View Item View Item