Pengaruh layanan bimbingan individual terhadap prestasi akademik mahasiswa : Penelitian pada proses bimbingan akademik mahasiswa BKI Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Ghani, Ahmad Abdul (2021) Pengaruh layanan bimbingan individual terhadap prestasi akademik mahasiswa : Penelitian pada proses bimbingan akademik mahasiswa BKI Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan belajar dapat diraih dengan keuletan dan usaha dari mahasiswa sehingga mendapatkan prestasi akademik. Permasalahan yang terjadi dilapangan masih ada mahasiswa yang nilai indeks prestasinya (IP) masih dibawah standar. Standar yang ditetapkan universitas untuk dapat mengambil satuan kredit semester (SKS) maksimal 24 SKS yaitu 3,01 dalam skala 4.0. Apabila mahasiswa mendapatkan IP dibawah standar, maka tidak akan bisa mengambil secara penuh SKS. Bahkan dalam setiap semesternya mahasiswa ada yang mengalami penurunan nilai indeks prestasi semester (IPS). Akibatnya terjadi keterlambatan dalam menyelesaikan studi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses bimbingan individual mahasiswa aktif jurusan Bimbingan Konseling Islam Angkatan 2017 Fakultas Dakwah dan Komunikasi; (2) prestasi akademik mahasiswa aktif jurusan Bimbingan Konseling Islam Angkatan 2017 Fakultas Dakwah dan Komunikasi; dan (3) pengaruh layanan bimbingan individual terhadap prestasi akademik mahasiswa aktif jurusan Bimbingan Konseling Islam Angkatan 2017 Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Rochman Natawidjaja (2009) mengemukakan bahwa ada beberapa aspek yang terkandung dalam bimbingan diantaranya, (1) bimbingan ialah proses pemberian bantuan; (2) bimbingan dilaksanakan secara terus-menerus; (3) bimbingan diorientasikan pada individu agar dapat mengetahui dirinya sendiri dan bisa mengarahkannya sesuai dengan tuntutan dan situasi lingkungannya. (Rosyid et al., 2019) mengemukakan bahwa Prestasi akademik dianggap paripurna apabila mencakup tiga aspek yakni kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian ini di lakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode penelitian One-Shot case study yang hanya terfokus untuk mengukur sebuah eksperimen yang dilaksanakan langsung tanpa adanya tes awal maupun kelompok pembanding. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan penyebaran kuesioner. Tenik sampling yang di gunakan yakni menggunakan rumus Slovin, maka yang dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 119 mahasiswa. Kegiatan layanan bimbingan individual sudah sesuai dengan teori yang berlaku yakni dengan diadakannya bimbingan secara kontinu dan membantu mahasiswa dalam mengatasi segala permasalahan yang sedang dihadapinya. Prestasi akademik mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling Islam angkatan 2017 sangat baik karena lebih banyak masuk pada kategori Pujian. Sehingga layanan bimbingan individual terhadap prestasi akademik memiliki pengaruh terhadap prestasi akademik yang dibuktikan bahwa nilai Sig < Alpha, yaitu 0,000 < 0,05. Sedangkan besaran pengaruhnya yaitu sebesar 28,2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Individual; Bimbingan Akademik; Prestasi Akademik; Bimbingan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ahmad Abdul Ghani
Date Deposited: 31 Aug 2021 23:41
Last Modified: 31 Aug 2021 23:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42383

Actions (login required)

View Item View Item