Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem kelas X SMA

Giriyanti, Putri and Hidayat, Ara (2017) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem kelas X SMA. lib.uinsgd.ac.id, - (1). pp. 1-8. ISSN -

[img]
Preview
Text
1132060060 - PUTRI GIRIYANTI.pdf

Download (571kB) | Preview
Official URL: http://lib.uinsgd.ac.id/

Abstract

Penelitian ini didasari oleh temuan bahwa pembelajaran biologi masih didominasi dengan metode ceramah. Kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran tersebut berdampak terhadap kemampuan literasi sains siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem. Metode yang digunakan adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 3 SMAN Jatinangor. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah menghasilkan nilai rata-rata pretest 52,97, posttest 79,03 dan N-Gain 56 %. Sementara pada kelas yang menggunakan metode ceramah dan diskusi menghasilkan nilai rata-rata pretest 62,91, posttest 75,39 dan NGain 27 %. Berdasarkan hasil analisis utama N-Gain, Z hitung (5,63) ≥ Z tabel (1,65) dengan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Literasi Sains, Ekosistem
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2017 02:03
Last Modified: 03 Dec 2020 03:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4240

Actions (login required)

View Item View Item