Pengaruh Model Pembelajaran Modified Free Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Ekosistem Pada Kelas X Sma Pgri Rancaekek

Nursilawati, Yuniza Nursilawati and Hidayat, Ara (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Modified Free Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Ekosistem Pada Kelas X Sma Pgri Rancaekek. [Teaching Resource]

[img]
Preview
Text
1132060088 - YUNIZA NURSILAWATI.pdf

Download (501kB) | Preview
Official URL: http://lib.uinsgd.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa, materi ekosistem merupakan materi yang dianggap sulit oleh siswa karena materi ekosistem yang berhubungan langsung dengan alam dan tidak dapat dipahami langsung oleh siswa dengan media video, powerpoint atau media gambar.Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model Modified Free Inquiry yang dapat membawa siswa berhubungan langsung dengan alam yang dilakukan dengan cara eksperimen/ mengumpulkan data yang siswa butuhkan. Siswa dapat menenemukan berbagai macam ide yang mereka pikirkan, setelah mendapatkan data yang dibutuhkan siswa dapat menjawab hipotesis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh model pembelajaran Modified Free Inquiry untuk terhadap berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem dan keterlaksanaan pembelajaran Modified Free Inquiry. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yaitu Sampling Jenuh yaitu kelas X IPA 1 merupakan kelas yang menggunakan model pembelajaran Modified Free Inquiry dan kelas X IPA 2 merupakan kelas yang menggunakan metode ceramah dan diskusi. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran Modified Free Inquiry menghasilkan nilai rata-rata pretest 34,50, posttest 70,00 dan N-gain 0,61 kelas yang menggunakan Metode Ceramah dan Diskusi menghasilkan nilai rata-rata pretest 32,50, posttest 65,50, dan N-gain 0,53 Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 3,04 > ttabel = 1,88 dengan α sebesar 0,05 (5%) maka H0 ditolak Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran Modified Free Inquiry berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X pada materi ekosistem.

Item Type: Teaching Resource
Uncontrolled Keywords: Modified Free Inquiry, Berpikir Kreatif , Ekosistem
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2017 02:13
Last Modified: 03 Dec 2020 03:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4241

Actions (login required)

View Item View Item