Dampak industri terhadap pergeseran nilai sosial budaya masyarakat: Studi deskriptif di Kecamatan Cipendeuy & Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang

Kuswana, Dadang and Hakim, Ajid (2016) Dampak industri terhadap pergeseran nilai sosial budaya masyarakat: Studi deskriptif di Kecamatan Cipendeuy & Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang. LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (In Press)

[img]
Preview
Text (Full Text)
Kawasan Industri dan Pergeseran Nilai Budaya Masyarakat.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penepatan zona industry di Kabupaten Subang ditetapkan di-tujuh Kecamatan yaitu di Kecamatan Cipendeuy, Kecamatan Purwadadi, Kecamatan Kalijati, Kecamatan Pusakanagara, Kecamatan Cibogo, Kecamatan Dawuan dan Kecamatan Cikaum. Sesuai Perda No 40 Tahun 2003, dengan ditetapkanna zona industri tersebut telah merubah tatanan fungsi tanah dari agraris menjadi daerah perindustrian pedesaan, sejalan dengan bergesernya dari pertanian ke industry tersebut, berdampak pada kehidupan masyarakat terutama pada prilaku sosial budaya baik prilaku positif maupun negative di dua kawasan industri tersebut. Dampak positif dapat dilihat pada pertumbuhan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat dan dampak negatifnya terjadi pergeseran nilai-nilai sosial budaya seperti meredupnya nilai gotong royong, difungsi keluarga, protitusi terselubung, kenaklan remaja, polusi udara, dan menuju indivualistik. Berdasarkan permasalahan di atas ada tiga hal yang akan diangkat dalam penelitian ini yaitu : focus pada perubahan nilai-nilai sosial budaya akibat industrialisasi dan pergeseran nilai-nilai sosial budaya yang mendasar dikawasan industry pedesaan, serta respon masyarakat terhadap terjadinya perubahan sosial budaya di Kecamatan Cipendeuy dan Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang ? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yang menggambarkan secara tepat sifat-sifat suatu individu, keadaan, gejala atau kelompok tertentu , atau untuk menentukan frekuensi adanya hubungan tertentu antara suatu gejala dengan gejala lain di dalam masyarakat. Bertujuan membuat deskripsi mengenai fakta fakta dan sifat-sifat suatu gejala sosial ang teramati pada suatu daerah tertentu secara sistematik , faktual dan teliti. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder, data primer diperoleh dari lapangan, sekunder dari referensi, dokumen yang berhubungan dengan masalah. Teknik pengumpulan data observasi,wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan Reduksi data, display data, Kesimpulan dan verifikasi.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Sosial Budaya; Dampak Industri; Subang
Subjects: Islam
Islam > Conversion of Non-Muslim to Islam
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Studi Agama Agama
Depositing User: LP2M UIN SGD BANDUNG
Date Deposited: 31 Aug 2021 23:53
Last Modified: 02 Sep 2021 01:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42422

Actions (login required)

View Item View Item