Suniarizki, Silmia (2021) Penerapan teknik modeling dalam konseling individu untuk mengatasi kecanduan game online: Penelitian di SMP Negeri 4 Cisarua Kab. Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (326kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) | Request a copy |
Abstract
Penerapan teknik modeling dalam konseling individu merupakan usaha yang dilaksanakan konselor untuk mengatasi kecanduan game online pada remaja, melalui proses pengamatan terhadap orang lain dan perubahan terjadi melalui peniruan. Proses penerapan bertujuan untuk mengubah tingkah laku negatif konseli akibat dari kecanduan game online agar konseli menjadi pribadi yang positif dalam menjalani kehidupannya sesuai dengan tingkah laku yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses penerapan teknik modeling dalam konseling individu untuk mengatasi kecanduan game online pada remaja di SMP Negeri 4 Cisarua Kab. Bandung Barat, 2) mengetahui hasil penerapan teknik modeling dalam konseling individu untuk mengatasi kecanduan game online pada remaja di SMP Negeri 4 Cisarua Kab. Bandung Barat. Penelitian ini berlandaskan pada pemikiran Prayitno bahwa konseling individu ialah cara membantu konseli menstrukturkan kembali masalah dan menyari life sytle serta mengurangi penilaian negatif terhadap diri sendiri maupun perasaan inferioritasnya. Melalui fungsi konseling individu, yaitu pemahaman, pengetasan, pengembangan, dan pencegahan. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi secara langsung serta wawancara yang dilaksanakan kepada guru Bimbingan Konseling SMPN 4 Cisarua (konselor), konseli, model, orang tua, dan teman konseli. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses penerapan teknik modeling dalam konseling individu dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu tahap awal, tahap pertengahan, dan tahap akhir. Proses modeling dilaksanakan konselor degan menggunakan sahabat konseli sebagai model nyata dan model simbolik berupa film The Massage dan Negeri 5 Menara. 2) Hasil dari proses konseling terjadi perubahan yang awalnya masih dilakukan menjadi kadang-kadang bahkan menjadi tidak dilakukan sama sekali. Hal tersebut dibuktikan dari dampak kecanduan game online yang sudah hampir atau tidak pernah dilakukan lagi oleh konseli. Konseli memiliki tingkah laku baru yang diadaptasi dari model dan konseli menjadikan keteladanan dari film yang ditayangkan untuk dijadikan contoh dalam bertingkah laku dengan baik. Sehingga merubah konseli menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih positif dari sebelumnya. Adapun hal positif yang ada terjadi pada konseli yaitu, mengisi wa`ktu luang dengan hal yang bermanfaat, bertanggung jawab dalam melaksanakan shalat dan tugas sekolah, menjalin hubungan pertemanan dengan bersosialisai, dan mampu mengendalikan emosi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Modeling; Konseling Individu; Kecanduan Game Online |
Subjects: | Humanism Philosophy Technology, Applied Sciences Human Physiology Techniques and Procedures > Methods of Painting |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Silmia Suniarizki |
Date Deposited: | 01 Sep 2021 08:08 |
Last Modified: | 01 Sep 2021 08:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/42449 |
Actions (login required)
View Item |