Pembelajaran Berbasis Proyek Metode Gallery Walk Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Pada Kelas Xi Sman 1 Pebayuran

Frety Suster Mariam. H, Frety Suster Mariam. H (2017) Pembelajaran Berbasis Proyek Metode Gallery Walk Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Pada Kelas Xi Sman 1 Pebayuran. lib.uinsgd.ac.id, - (1). pp. 1-13. ISSN -

[img]
Preview
Text
1132060026 - FRETY SUSTER MARIAM H.pdf

Download (328kB) | Preview
Official URL: http://lib.uinsg.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi pendahuluan di SMAN 1 Pebayuran-Bekasi yang memperoleh data bahwa pembelajaran seringkali disampikan menggunkaan metode ceramah, sehingga pembelajaran kurang optimal khususnya dalam pembelajaran biologi. Dipilihlah model pembelajaran berbasis proyek karena berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Purwandari di SMAN 13 Tasikmalaya tahun ajaran 2015/2016 dalam penelitiannya terlihat antusias siswa pada saat kegiatan belajar mengajar (KBM). Hal ini disebabkan penggunaan model pembelajaran berbasis proyek metode gallery walk dapat mempermudah siswa memahami pelajaran yang diberikan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek metode gallery walk di kelas XI IPA SMAN 1 Pebayuran-Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design dimana peneliti ingin mengetahui hubungan sebab akibat setelah diberikan suatu perlakuan. Untuk mengolah data penulis menggunakan pretest, posttest, dan gain. Setelah data dikumpulkan kemudian pengolahannya dilakukan dengan analisis statistik non parametris yaitu uji Mann whittney. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek metode gallery walk mengalami peningkatan lebih baik dengan rata-rata N-gain 0,72, sedangkan rata-rata N-gain pada kelas kontrol 0,64. Sebagaimana dapat dilihat dari perhitungan nilai gain dengan menggunakan uji t diperoleh bila taraf signifikan 0,05 hasil perhitungan Thitung posttest = (7,78) > Ttabel (2,67) maka Ho ditolak dan Hi diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek metode gallery walk terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Sistem Ekskresi Manusia
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2017 02:52
Last Modified: 13 Sep 2017 07:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4248

Actions (login required)

View Item View Item