Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Sistem Saraf

Isti Nadiya, Isti Nadiya (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Sistem Saraf. lib.uinsgd.ac.id, - (1). pp. 1-9. ISSN -

[img]
Preview
Text
1132060037 - ISTI NADIYA.pdf

Download (345kB) | Preview
Official URL: http://lib.uinsg.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil studi pendahuluan disalah satu sekolah menengah atas di Ciamis terhadap nilai Biologi kelas XI menunjukkan rata-rata nilai Biologi berada dibawah nilai KKM yang ditentukan oleh sekolah. Selain itu, pelaksanaan proses pembelajarn belum pernah menggunakan model pembelajaran PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran PBL, serta mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran PBL pada materi sistem saraf. Metode yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas, yaitu XI MIA 1 dan XI MIA 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa:penguasaan konsep siswa pada kelas dengan pembelajaran menggunakan model PBL memiliki nilai postest sebesar 82 dengan kategori baik dan rata-rata N-Gain sebesar 0.72 dengan kategori tinggi, sedangkan penguasaan konsep siswa pada kelas dengan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik memiliki nilai rata-rata postest sebesar 69,35 dengan kategori cukup dan N-Gain sebesar 0.42 dengan kategori sedang. Keterlaksanaan pembelajaran dengan model PBL memiliki persentase 74,5% (cukup) dan pembelajaran dengan pendekatan saintifik memiliki persentase 71,5% (cukup). Hasil uji hipotesis menunjukan thitung > ttabel yaitu 6,87 > 1,99 sehingga Ho di tolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model PBL berpengaruh positif dan signifikan terhadap penguasaan konsep siswa pada materi sistem saraf.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model PBL, penguasaan konsep, sistem saraf
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2017 02:55
Last Modified: 13 Sep 2017 07:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4249

Actions (login required)

View Item View Item