Penerapan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3r) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada Materi Ekosistem

Risdawati, Risdawati Penerapan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3r) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada Materi Ekosistem. - (1). pp. 1-10. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Full Text)
1132060066 - RISDAWATI.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran biologi yang digunakan masih di dominasi oleh metode ceramah, dalam hal ini siswa hanya menerima materi saja tanpa diberi kesempatan untuk mampu memahami suatu konsep. Selain itu masalah yang terjadi yaitu proses pembelajaran kelompok masih menggunakan metode pembelajaran yang belum mengaktifkan seluruh siswa, hanya siswa yang mempunyai kemampuan tinggi yang aktif dalam pembelajaran sedangkan siswa yang mempunyai kemampuan rendah hanya menonton saja (pasif). Perlu diupayakan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif terlibat dalam proses kegiatan belajar dan mampu meningkatkan pemahaman siswa pada bahan ajar. Model pembelajaran SQ3R dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model SQ3R dalam peningkatan pemahaman konsep siswa, mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan model SQ3R. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penielitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MIA MAN 4 Sukabumi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling purposive kerena kemapuanPenelitian dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran biologi yang digunakan masih di dominasi oleh metode ceramah, dalam hal ini siswa hanya menerima materi saja tanpa diberi kesempatan untuk mampu memahami suatu konsep. Selain itu masalah yang terjadi yaitu proses pembelajaran kelompok masih menggunakan metode pembelajaran yang belum mengaktifkan seluruh siswa, hanya siswa yang mempunyai kemampuan tinggi yang aktif dalam pembelajaran sedangkan siswa yang mempunyai kemampuan rendah hanya menonton saja (pasif). Perlu diupayakan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif terlibat dalam proses kegiatan belajar dan mampu meningkatkan pemahaman siswa pada bahan ajar. Model pembelajaran SQ3R dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model SQ3R dalam peningkatan pemahaman konsep siswa, mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan model SQ3R. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penielitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MIA MAN 4 Sukabumi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling purposive kerena kemampuan siswa tiap kelasnya tidak berbeda terlalu jauh, sampel penelitian diambil dari dua kelas yang masing-masing berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes pilihan ganda, dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (Mann Whitney) karena di dapatan data yang tidak berdistribusi normal dan data yang tidak homogen, dan analisis aktivitas guru dan siswa. Rata-rata nilai pemahaman konsep pada pembelajaran dengan SQ3R sangat baik (86,84), peningkatan pemahaman siswa N-Gain tinggi (0,78). Pada kelas tanpa menggunakan model SQ3R cukup (64,92), peningkatan pemahaman siswa N-Gain sedang (0,46). Dengan demikian bahwa model SQ3R dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi ekosistem. Nilai aktivitas guru sebesar 89,93% (Sangat Baik) dan siswa sebesar 90,57%(Sangat Baik).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: SQ3R Model, Concept Understanding, Ecosystem
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2017 03:02
Last Modified: 16 Jan 2019 08:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4250

Actions (login required)

View Item View Item