Penerapan model pembelajaran Problem Solving berbasis Icare untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan: Penelitian terhadap peserta didik Kelas VII SMPN 1 Gunungguruh

Syahidatulfalah, Siti Penerapan model pembelajaran Problem Solving berbasis Icare untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan: Penelitian terhadap peserta didik Kelas VII SMPN 1 Gunungguruh. lib.uinsgd.ac.id, - (1). pp. 1-17. ISSN -

[img]
Preview
Text (Full Text)
1132060074 - SITI SYAHIDATULFALAH.pdf

Download (129kB) | Preview
Official URL: http://lib.uinsg.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah kurangnya penguasaan Konsep dan keterampilan berikir peserta didik cenderung belum maksimal akibat dari lemahnya proses pembelajaran yang dilaksanakan. Untuk memfasilitasi peningkatan kemampuan berpikir kreatif dalam proses pembelajaran maka perlu pembelajaran yang relevan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif tersebut salah satunya adalah model pembelajaran problem solving berbasis ICARE. Tujuan pada penelitian ini Menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan penerapan model pembelajaran problem solving berbasis ICARE, Menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan pendekatan saintifik, Mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran problem solving berbasis ICARE pada materi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design Teknik pengambilan sampel tidak random dengan memakai purposive sampling dan dipilihlah kelas kontrol ialah kelas VII.4 dan kelas eksperimen ialah kelas VII.1. Pengumpulan data menggunakan test uraian dan data penunjang berupa lembar observasi dan soal penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukan Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem solving berbasis ICARE pada materi pencemaran lingkungan dengan N-Gain (0,63) kategori sedang dan Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran problem solving berbasis ICARE pada materi pencemaran lingkungan dengan N-Gain (0,41) kategori sedang. Dengan nilai t hitung = (31,71) > t tabel = (2,03) yang artinya H1 Diterima dan H0 Ditolak maka Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan penerapan model pembelajaran problem solving berbasis ICARE pada materi pencemaran lingkungan. Keterlaksanaan Proses penerapan model pembelajaran problem solving berbasis ICARE berjalan dengan sangat baik pada setiap pertemuan dengan rata-rata presentasi (100%) dan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Kesimpulan pada penelitian ini Penerapan model Pembelajaran Problem Solving Berbasis ICARE berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problem Solving Berbasis ICARE; Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2017 03:06
Last Modified: 15 Jan 2019 06:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4251

Actions (login required)

View Item View Item