Penerapan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Sets (Science, Environment, Technology And Society) Pada Materi Pemanasan Global

Yuli Apriliani, Yuli Apriliani (2017) Penerapan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Sets (Science, Environment, Technology And Society) Pada Materi Pemanasan Global. lib.uinsgd.ac.id, - (1). pp. 1-9. ISSN -

[img]
Preview
Text
1132060087 - YULI APRILIANI.pdf

Download (193kB) | Preview
Official URL: http://lib.uinsg.ac.id

Abstract

Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu media yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Melalui LKS, diharapkan siswa dapat memahami konsep IPA, menumbuhkan motivasi, kritis terhadap isu di masyarakat dan peka terhadap lingkungan. Pendekatan SETS merupakan pendekatan yang dapat mengaitkan materi dengan sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan LKS dengan berbasis pendekatan SETS, kelayakan LKS, hasil belajar setelah menggunakan LKS dan respon siswa dan guru terhadap LKS. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Research and Development (R&D) dengan model Four-D yang dimodifikasi menjadi Three-D (3D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS layak digunakan dengan memperoleh persentase rata-rata validasi sebesar 77,5%. Hasil belajar siswa setelah menggunakan LKS diperoleh nilai pretest 47,3 dan nilai postest 68,55 dengan jumlah siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 87,5%. Selain itu, respon siswa terhadap LKS memperoleh persentase 95,3% untuk skala kecil dan 75% untuk skala besar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis pendekatan SETS dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa, Pengembangan Lembar Kerja Siswa, LKS berbasis SETS, Metode Reasearch and Development (R&D).
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2017 03:09
Last Modified: 13 Sep 2017 07:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4252

Actions (login required)

View Item View Item