Lutpiani, Asri (2021) Penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada pembentukan Patina tembaga berbasis Green Chemistry. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (117kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilakukan secara daring (dalam jaringan) tidak memungkinkan mahasiswa untuk melakukan praktikum di Laboratorium secara langsung. Pelaksanaan praktikum di rumah sebagai alternatif pelaksanaan praktikum kimia dalam proses PJJ dengan menggunakan pendekatan green chemistry. Salah satu prinsip green chemistry yang digunakan yaitu penggunaan alat dan bahan yang ramah lingkungan sehingga praktikum dilakukan dengan menggunakan alat dan bahan yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar rumah. Pengoptimalan PJJ berbasis praktikum dapat dilakukan menggunakan model pembelajaran project based learning (PBL). Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui praktikum dirumah pada pembentukan patina tembaga berbasis green chemistry. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian pre experiment desain one group pretest postetst design. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan soal pretest-postetst menggunakan platform Google Form, lembar kerja mahasiswa dan rubrik penilaian video project.. Soal pretest -posttest terdiri dari 6 soal mencakup dimensi kognitif C2,C3,C4 dan C6, Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa setalah diterapkannya model pembelajaran PBL. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon dari data pretest-posttest dengan nilai Zhitung -5,3 dan Ztabel 2,33 menunjukkan -Ztabel ≥ Zhitung ≤ Ztabel maka Hipotesis nol (Ho) ditolak dan Ha diterima serta diaktegorikan peningkatan sedang dengan nilai N-gain 0,66.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PBL;patina tembaga;green chemistry;hasil belajar |
Subjects: | Elementary Education > Science for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Asri Lutpiani |
Date Deposited: | 01 Sep 2021 23:27 |
Last Modified: | 06 Sep 2021 03:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/42553 |
Actions (login required)
View Item |