Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam selama masa pandemi covid-19 : Studi deskriptif di SMAN 1 Pelabuhanratu

Nuranas, Siti (2021) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam selama masa pandemi covid-19 : Studi deskriptif di SMAN 1 Pelabuhanratu. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pandemi covid-19 yang memprihatinkan sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan secara jarak jauh. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa SMAN 1 Pelabuhanratu selama pandemi menggunakan sistem pembelajaran daring (jarak jauh). Dari hal tersebut peneliti tertarik meneliti lebih dalam mengenai pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Selama Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Pelabuhanratu (2)Mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaan Pendidikan Agama Islam Selama Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Pelabuhanratu. (3)Mendeskripsikan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Selama Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Pelabuhanratu (4)Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam Selama Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Pelabuhanratu. Penelitian ini berangkat dari pemahaman dalam pembelajaran jarak jauh yaitu suatu sistem pendidikan dimana terdapat pemisah antara guru dan murid baik secara ruang atau waktu. Berdasarkan pemahaman tersebut tentunya pelaksanaan pembelajaran selama pandemi covid-19 di SMAN 1 Pelabuhanratu dialihkan dirumah yaitu tanpa tatap muka yang dilaksanakan melalui jaringan atau platform yang sudah disediakan. Langkah-langkah penelitian ini adalah: (1) Pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. (2) Data yang diambil dari guru pendidikan agama islam, foto-foto dan data-data yang lain ditempat penelitian (3) Alat pengumpul data: wawancara dan observasi (4) Analisis data penelitian menggunakan reduksi data,penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Dalam perencanaan pembelajaran guru diharuskan membuat RPP dan merencanakan metode, media, bahan ajar yang akan dilsaksanakan saat pembelajaran selama pandemi berlangsung (2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam diawali dengan guru mengupload materi kemudian siswa mengakses link sesuai dengan media yang ditentukan setelah itu siswa mengerjakan tugas, atau menyimak materi yang disampaikan oleh guru melalui video pembelajaran atau file pdf (3) Evaluasi pembelajaran yang dilakukan secara tulisan dan praktik (4) Faktor pendukung pembelajaran yaitu meliputi tanggung jawab seorang guru, sarana/fasilitas, dan siswa kemudian faktor penghambat meliputi orangtua/ wali murid, handphone, minimnya kuota internet, dan jaringan yang tidak terjangkau.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran; Pembelajaran Jarak Jauh;Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Nuranas
Date Deposited: 08 Sep 2021 01:34
Last Modified: 08 Sep 2021 01:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42581

Actions (login required)

View Item View Item