Strategi baznas dalam meningkatkan pengelolaan zakat di kota Bandung : Studi deskriftif di badan amil zakat nasional kota Bandung

Taufik, Iiq Muchtar (2021) Strategi baznas dalam meningkatkan pengelolaan zakat di kota Bandung : Studi deskriftif di badan amil zakat nasional kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstark.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Zakat adalah pilar ketiga islam sebagai mana dijelaskan sebuah hadis Nabi Saw yang artinya : “Islam didirikan atas lima rukun, yaitu syhadat bahwa tiada illah kecuali Allah dan Nabi Muhamad adalah utusan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, shaum ramadhan dan menunaikan haji kebaitullah bagi orang-orang yang mampu. Dari kelima rukun islam berkedudukan sama satu dengan yang lainnya, dengan mudah dapat dipahami, karena semuanya termasuk ritual dan ibadah mahdah kepada Allah SWT yang harus diterima secara ta’a’bbudi, kecuali zakat yang sukar untuk dimengerti dan diyakini karena menyangkut materi yang disayangi. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui strategi Baznas Kota Bandung dalam meningkatkan pengelolaan zakat, Untuk mengetahui Program Pendistribusian Baznas Kota Bandung dalam meningkatkan pengelolaan zakat Untuk mengetahui Hambatan dan solusi yang dihadapi Baznas Kota Bandung dalam meningkatkan pengelolaan zakat. Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriftif pendekatan kualitatif, yaitu metode penelitian yang data-datanya dinyatakan dalam bentuk kata-kata atau kalimat. Jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan dan kepustakaan. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Strategi yang dilakukan BAZNAS Kota Bandung meliputi pengamatan lingkungan, rumusan strategi, implementasi, evaluasi serta pengendalilan yang dilakukan. Pengamatan lingkungan yang dilakukan Baznas kota Bandung berjalan efektif dengan dibantunya dari UPZ setiap kecamatan yang ada. Rumusan strategi dengan empat cara yang dilakukan Baznas kota Bandung meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan, berjalan dengan baik dibantu oleh ketua pelaksana yang membawahi empat bidang. Implementasi Strtegi dan Evaluasi strategi Baznas kota Bandung dalam meningkatkan pengelolaan zakat, melalui lima program unggulan yaitu, Bandung Cerdas, Bandung Peduli, Bandung Makmur, Bandung Taqwa, dan Bandung Sehat. Persoalan yang dihadapi pengurus BAZNAS Kota Bandung di lapangan yaitu kurangnya kesadaran masyarakat dalam berzakat, solusinya melakukan sosialisasi secara intensif kepada seluruh masyarakat melalui pengelola zakat yang ada di masing-masing kecamatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; pengelolaan; zakat
Subjects: Treatment of Language with Person
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Iiq Muchtar Taufik
Date Deposited: 03 Sep 2021 08:08
Last Modified: 03 Sep 2021 08:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42602

Actions (login required)

View Item View Item