Peran konseling spiritual terhadap kesehatan mental korban penyalahgunaan narkoba: Studi deskriptif di yayasan Sinar Jati Lampung

Wati, Ade Rahma (2021) Peran konseling spiritual terhadap kesehatan mental korban penyalahgunaan narkoba: Studi deskriptif di yayasan Sinar Jati Lampung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (492kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data Badan Narkotika Nasional bahwasanya pada tahun 2019 ditemukan angka kenaikan yang signifikan terhadap penyalahgunaan narkoba sebanyak 24% hingga 28% yang mana pada tahun sebelumnya sebanyak 20%. Hal ini menyebabkan terjadinya penyimpangan sosial sehingga berdampak buruk pada fisik, psikis, spiritual dan kesehatan mental korban penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil Yayasan Sinar Jati Lampung dan mengetahui keadaan kesehatan mental korban penyalahgunaan narkoba serta proses dan hasil penerapan metode konseling spiritual terhadap kesehatan mental korban penyalahgunaan narkoba di Yayasan Sinar Jati Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yakni peneliti mendeskripsikan hasil penelitian yang di kumpulkan dan diperoleh melalui data yang berupa kata, gambar dan bukan angka. Sedangkan dalam mengumpulkan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dari para informan yang terdiri dari psikolog yayasan, terapis spiritual dan korban penyalahgunaan narkoba. Konseling spiritual menjadi salah satu metode dalam mewujudkan kesehatan mental seseorang sebagaimana penejelasan Syamsu Yusuf bahwasanya konseling spiritual merupakan pertolongan dari konselor kepada klien dalam mengatasi permasalahan, serta mengembalikan hakikat diciptakannya manusia sehingga berprilaku sesuai dengan norma yang ada serta lebih dekat dengan Tuhannya. Hasil penelitian ini ditemukan bahwasanya konseling spiritual menjadi salah satu metode rehabilitasi terhadap kesehatan mental korban penyalahgunaan narkoba melalui beberapa metode seperti ritual ibadah, siraman rohani, tilawah dan berdzikir. Sebagaimana yang sudah diterapkan kepada korban penyalahgunaan narkoba di Yayasan Sinar Jati Lampung, sebagian besar korban penyalahgunaan narkoba menjadi tenang ketika berdzikir serta merasa lebih dekat dengan tuhannya. Selain itu mereka lebih dapat memahami dirinya, mampu mengontrol emosinya serta dapat berfikir positif terhadap masa depannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kesehatan Mental; Konseling Spiritual; Korban Penyalahgunaan Narkoba; Yayasan Sinar Jati
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Narcotics Problems
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: ade rahmawati
Date Deposited: 03 Sep 2021 02:48
Last Modified: 03 Sep 2021 02:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42623

Actions (login required)

View Item View Item