Pembacaan Ayatul Khirsi : Studi living Qur'an di Pondok pesantren Al-Athfal Subang

Sholihah, Elsa (2021) Pembacaan Ayatul Khirsi : Studi living Qur'an di Pondok pesantren Al-Athfal Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Badung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (854kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari skripsi ini yaitu pondok Pesantren Al-Athfal Subang mengadakan tradisi membaca Ayatul Khirsi yang dibacakan di setiap ba’da subuh. Pesantren menyediakan buku ayatul Khirsi untuk diberikan kesetiap santri untuk mengamalkannya, yang mana pembacaan tradisi dari ayatul khirsi tersebut mendapat manfaat bagi para santri yang membacanya. Dari situ peneliti ingin meneliti terkait tradisi pembacaan ayatul khirsi di Pondok Pesantren Al-Athfal Subang tentang bagaimana dampak dan sejarah tradisi pembacaan Ayatul khirsi tersebut yang sudah dilaksanakan sampai saat ini. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dalam proses pengumpulan data terhafap pihak yang terkait. Tradisi pembacaan ayatul khirsi berawal dari amitan mama pagelaran 1, ayat-ayat tersebut adalah rangkuman dari ayat-ayat yang di ambil dari Al-Qur’an untuk dijadikan do’a atau dzikir. Tradisi Ayatul Khirsi tersebut turun dari pimpinan pagelaran 1 kepada pimpinan pondok pesantren Al-Athfal yang di amanahkan untuk mengelola dan mentradisikan membaca Ayatul Khirsi untuk para santri di Pondok Pesantren Al-Athfal Subang. Pengalaman dalam tradisi membaca ayatul Khirsi ini sangat beragam, mulai dari para santri menjadi betah berada di Pondok Pesantren Al-Athfal, menjaga dari gangguan syetan, sihir, dan gangguan orang-orang dzolim, dan menyembuhkan santri ketika kerasukan oleh makhluk ghaib. Maka dari itu tradisi membaca Ayatul Khirsi ini pada dasarnya untuk mendapatkan perlindungan dan lebih dekat dan pasrah atas semua hal nya kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Studi Living Qur’an; Ayat Khirsi; Pondok Pesantren Al-Athfal Subang;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Elsa Sholihah
Date Deposited: 03 Sep 2021 07:59
Last Modified: 03 Sep 2021 07:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42625

Actions (login required)

View Item View Item