Tanggapan siswa terhadap pembelajaran dalam jaringan menggunakan media pembelajaran E-Learning pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa : Penelitian terhadap siswa kelas VIII MTs Ma'arif Tanjungsari

Sonia, Gina Aria (2021) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran dalam jaringan menggunakan media pembelajaran E-Learning pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa : Penelitian terhadap siswa kelas VIII MTs Ma'arif Tanjungsari. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran dalam jaringan menggunakan media pembelajaran E-Learning di masa pandemi Coronavirus Disease-19 (COVID-19) ini. Banyak siswa yang masih bersikap acuh tak acuh dalam mengikuti proses pembelajaran. Seharusnya apabila siswa mengikuti pembelajaran dalam jaringan secara optimal, maka akan diikuti dengan motivasi belajar yang optimal pula. Kemudian muncul pertanyaan adakah pengaruh antara pembelajaran dalam jaringan menggunakan media pembelajaran E-Learning dengan motivasi belajar siswa? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. (1) Realitas tanggapan siswa terhadap pembelajaran dalam jaringan menggunakan media pembelajaran E-Learning di kelas VIII MTS Ma’arif Tanjungsari. (2) Realitas motivasi belajar siswa kelas VIII MTS Ma’arif Tanjungsari. (3) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran dalam jaringan menggunakan media pembelajaran E-Learning pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTS Ma’arif Tanjungsari. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa pembelajaran dalam jaringan adalah sebuah interaksi antara guru dan siswa berbasis teknologi telekomunikasi. Motivasi belajar siswa adalah suatu proses perubahan yang mendorong siswa untuk melakukan kegiatan belajar. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin sering siswa memiliki motivasi belajar maka siswa akan semakin setuju terhadap pembelajaran dalam jaringan menggunakan media pembelajaran E-Learning. Begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 32 siswa. Analisis data kedua variabel ini dilakukan dengan menggunakan metode statistika yang terbagi ke dalam dua pendekatan, yaitu analisis parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa. (1) Realitas tanggapan siswa terhadap pembelajaran dalam jaringan menggunakan media pembelajaran E-Learning berkualifikasi setuju (skor 4,03). (2) Realitas motivasi belajar siswa berkualifikasi sering (skor 4,25). (3) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran dalam jaringan menggunakan media pembelajaran E-Learning pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa adalah (a) Koefisien korelasinya sebesar 0,687 termasuk kategori kuat (b) Hipotesisnya diterima, karena thitung 2,7 lebih kecil dari ttabel dengan (28,5) dan (c) Kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 48%. Sehingga masih terdapat 52% faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Dalam Jaringan; E-Learning; Motivasi Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Adult Education > Distance Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoridatul Bahiyyah
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:25
Last Modified: 08 Sep 2021 02:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42650

Actions (login required)

View Item View Item