Pengaruh Strategi Pembelajaran Rangka Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Pada Sub Materi Indera Pendengaran

Khossol Jawad, Khossol Jawad (2017) Pengaruh Strategi Pembelajaran Rangka Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Pada Sub Materi Indera Pendengaran. lib.uinsgd.ac.id, - (1). pp. 1-11. ISSN -

[img]
Preview
Text
1132060038 - KHOSSOL JAWAD.pdf

Download (349kB) | Preview
Official URL: http://lib.uinsgd.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sikap ilmiah yang kurang mendapat perhatian khussus dan bertujuan untuk mengetahui sikap ilmiah siswa dengan menggunakan strategi RANGKA pada sub materi sistem indera pendengaran. Sikap ilmiah merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap individu yang diperoleh dari pembiasaan proses belajar, melalui pembiasaan ini diharapkan kelak menjadi sikap hidup individu tersebut. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non equivalent control group, dilaksanakan di kelas VIII MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar observasi sikap dan data penunjang berupa lembar observasi keterlaksanaan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan dinilai sangat baik, nilai sikap ilmiah menggunakan strategi RANGKA beerada pada nilai 26.6 dan yang menggunakan model 5M berada pada nilai 19.2. Berdasarkan hasil uji data sikap ilmiah menunjukkan bahwa thitung 3.74 > ttabel 1.67 artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan menggunakan pembelajaran strategi RANGKA terhadap sikap ilmiah siswa pada sub materi indera pendengaran. Didukung oleh hasil observasi aktivitas siswa yang mendapatkan nilai 80.9% dengan kategori baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sikap Ilmiah, Strategi Pembelajaran RANGKA, Indera Pendengaran.
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2017 07:25
Last Modified: 13 Sep 2017 07:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4267

Actions (login required)

View Item View Item