Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Berbasis Icare Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Pencemarn Lingkungan

Tresna Asriani Safitri, Tresna Asriani Safitri (2017) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Berbasis Icare Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Pencemarn Lingkungan. lib.uinsgd.ac.id, - (1). pp. 1-9. ISSN -

[img]
Preview
Text
1132060078 - TRESNA ASRIANI.pdf

Download (186kB) | Preview
Official URL: http://lib.uinsgd.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa hasil belajar yang kurang optimal dengan nilai dibawah KKM 73. Rendahnya penyelesaian masalah siswa bisa saja guru belum pernah melakukan model pembelajaran yang bervariasi, atau dalam penyampaian belum maksimal dan ditunjukan ketika siswa dihadapkan dalam suatu masalah masih belum bisa menyelesaikannya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peningkatan, keterlaksanaan dan respon siswa dengan menggunakan dan tanpa menggunakan pembelajaran (PBI) berbasis ICARE pada materi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan quasi eksperimen design. Populasi diambil 2 kelas secara random dengan jumlah masing-masing kelas 34 siswa Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes awal, tes akhir, lembar observasi, dan hasil belajar pada aspek penguasaan konsep. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pencemaran lingkungan yang menggunakan model (PBI) Berbasis ICARE dengan rata-rata pretest 53,46 dan postest 90,56 dan analisis N-Gain 0,32 dengan kategori sedang. Sedangkan model pembelajaran tanpa (PBI) berbasis ICARE pretest 59,56 dan posttest 72,69 dan analisis N-Gain 0,17 dengan kategori rendah. Kesimpulan penelitian ini bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model (PBI) Berbasis ICARE dapat berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMA Mekar Arum pada materi pencemaran lingkungan. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa dengan interpretasi sangat baik

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problem Based Instruction Berbasis ICARE, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pencemaran Lingkungan
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2017 07:28
Last Modified: 13 Sep 2017 07:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4268

Actions (login required)

View Item View Item