Analisis penerapan akuntansi pada akad pembiayaan Musyarakah Mutanaqisah (MMQ) berdasarkan PSAK 106 : Studi kasus pada Bank Syariah Mandiri KCP Surade Kabupaten Sukabumi

Setiawati, Eulis (2021) Analisis penerapan akuntansi pada akad pembiayaan Musyarakah Mutanaqisah (MMQ) berdasarkan PSAK 106 : Studi kasus pada Bank Syariah Mandiri KCP Surade Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengetahuan masyarakat akan adanya akad Musyarakah Mutanaqisah di Bank Syariah Mandiri KCP Surade Kabupaten Sukabumi. Bank Syariah Mandiri ialah salah satu lembaga keuangan berbasis syariah yang menerapkan akad Musyarakah menurun atau musyarakah mutanaqisah yang merupakan musyarakah dengan ketentuan bagian dana salah satu pihak (Bank) akan berkurang atau dialihkan secara bertahap hingga akhir masa akad kepada pihak (Nasabah). Pada saat berakhirnya akad pihak nasabah akan menjadi pemilik penuh atas usaha musyarakah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui dan menganalisis mekanisme akad pembiayaan musyarakah mutanaqisah di Bank Syariah Mandiri KCP Surade Sukabumi. 2) mengetahui dan menganalisis kesesuaian akuntansi musyarakah mutanaqisah di Bank Syariah Mandiri KCP Surade Sukabumi dengan PSAK 106. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, karena berupaya mengumpulkan fakta sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada, sumber penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti adalah: 1) Mengenai mekanisme Akad MMQ di Bank Syariah Mandiri KCP Surade Sukabumi telah sesuai dengan aturan, rukun dan syarat, dimana pihak bank berperan sebagai mitra pasif sedangkan nasabah selaku mitra aktif. 2) Perlakuan akuntansi atas pembiayaan musyarakah belum sepenuhnya sesuai dengan PSAK 106, dimana didalam pengakuan terdapat perbedaan pencatatan pada saat awal akad antara BSM KCP Surade Sukabumi dengan PSAK 106. Mengenai pengukuran, penyajian, dan pengungkapan telah sesuai dengan PSAK 106.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akad Pembiayaan Musyarakah Mutanqisah; PSAK 106
Subjects: Analysis, Theory of Functions
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Eulis Setiawati
Date Deposited: 06 Sep 2021 23:14
Last Modified: 06 Sep 2021 23:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42835

Actions (login required)

View Item View Item