Peranan strategis dan keterserapan lulusan pada Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Ilmu Komunikasi dan Dakwah di Universitas slam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Machendrawaty, Nanih Peranan strategis dan keterserapan lulusan pada Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Ilmu Komunikasi dan Dakwah di Universitas slam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. CV. Mimbar Pustaka.

[img]
Preview
Text (Full Text)
Peran Strategis MD - Nanih machendrawaty.pdf

Download (891kB) | Preview

Abstract

Peranan strategis dan keterserapan lulusan menjadi area penelitian guna mendapatkan gambaran permasalahan yang terjadi pada Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Ilmu Komunikasi dan Dakwah di Universitas Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Semakin masifnya dinamika ideologi dan teologi dakwah multikulturalisme berbasis teknologi digital, inkonsistensi pondasi dan konstruksi peranan dan keterserapan alumni yang strategis untuk menjadi pelayan publik. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif untuk menggambarkan suatu peristiwa. Pendekatan ini, memandang bahwa suatu peristiwa harus difahami dengan mengutakaman proses daripada hasil. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknis analisis menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa peranan strategis terbentuk di internal dan eksternal Program Studi Manajemen Dakwah berkat keterpaduan semua elemen stakeholder meskipun menimbulkan ketidakpastian sehingga menjadi tantangan dan peluang Program Studi Manajemen Dakwah mengubah pola sesuai tuntutan. Keterserapan lulusan telah menyebar di berbagai peluang kesempatan kerja di pemerintah, swasta dan lembaga sosial kemasyarakatan, meskipun sisi kelemahannya tidak adanya mata rantai komando yang mengikat kuat antar sesama alumni, sehingga menjadi peluang dan tantangan bagi Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Ilmu Komunikasi dan Dakwah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Peranan; Strategi; Keterserapan; Manajemen dan Dakwah
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Abdul Yami YAMI
Date Deposited: 09 Sep 2021 05:35
Last Modified: 09 Sep 2021 05:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42844

Actions (login required)

View Item View Item