Bimbingan keorganisasian untuk meningkatkan kedisiplinan waktuv: Peneliatian pada Dema Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Syauqi, Azra El Fiza (2021) Bimbingan keorganisasian untuk meningkatkan kedisiplinan waktuv: Peneliatian pada Dema Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 7 September 2021.

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 7 September 2021.

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 7 September 2021.

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 7 September 2021.

Download (402kB) | Request a copy

Abstract

Kedisiplinan merupakan salah satu faktor yang sangat menunjang dalam keberhasilan berorganisasi. Disiplin bermanfaat mendidik anggota organisasi utuk mematuhi peraturan yang telah ditetapkan maupun kebijakan yang ada atau ditumbuhkan dalam diri anggota dengan bimbingan keorganisasian di Dema. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana program keorganisasian untuk meningkatkan kedisiplinan waktu dalam organisasi Dema; (2) Untuk mangetahui bagaimana proses kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan waktu dalam organisasi Dema; (3) Untuk mengetaui hasil bimbingan yang dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan waktu dalam organiasai Dema. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa disiplin dapat diartikan seorang mahasiswa yang ingin mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Dalam hal kegiatan organisasi adalah tentang sikap dan perilaku mahasiswa terhadap aturan yang berlaku di organisasi. Niat dapat diartikan sebagai keinginan untuk mengikuti suatu aturan (Ulum, 2010:34). Sikap dan perilaku disiplin ditentukan oleh inisiatif, kemauan dan kemauan untuk mematuhi aturan, seperti yang ada di organisasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu memberikan gambaran-gambaran secara sitematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta yang berkaitan dengan Program, Proses dan Hasil Bimbingan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan keorganisasian dalam meningkatkan kedisiplinan waktu di organisasi Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi membentuk para anggota menjadi pribadi yang disiplin dalam segala hal, seperti mencetak individu yang cerdas, berfikir positif dan menanamkan sikap disiplin dalam seluruh kegiatan serta mampu mengimplemestasikan pada setia kegiatan yang diadakan dan kehidupan sehari-hari. Sehingga pada akhirnya kedisiplinan itu tertanam dalam diri setiap mahasiswa yang nantinya akan termanage dengan baik mulai dari peran mahasiswa dalam organisasi dan terlebih khusu dalam jiwa kepribadian mahasiswa itu sendiri untuk mencapai sebuah cita-cita yang telah direncanakannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan;Kedisiplinan;Organisasi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
General Management > Organizations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Azra El Fiza Syauqi
Date Deposited: 08 Sep 2021 07:27
Last Modified: 08 Sep 2021 07:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42923

Actions (login required)

View Item View Item