Bimbingan kelompok melalui metode diskusi untuk meningkatkan regulasi emosi siswa kelas XI: Penelitian di Madrasah Aliyah Al-Huda Pameungpeuk Kabupaten Bandung

Tristianti, Fransiska Zulian (2021) Bimbingan kelompok melalui metode diskusi untuk meningkatkan regulasi emosi siswa kelas XI: Penelitian di Madrasah Aliyah Al-Huda Pameungpeuk Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1 _COVER.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy

Abstract

Remaja merupakan masa transisi yang pasti dilalui oleh setiap individu. Pada masa ini, remaja secara kompetensinya sudah mulai bisa dalam memfungsikan berbagai aspeknya terutama dalam aspek emosionalnya. Kurangnya pengelolaan dan pengontrolan emosi pada remaja akan menimbulkan pengekspresian dan pelampiasan emosi dengan cara yang negative. Dalam rangka meningkatkan emosi yang positif pada individu bisa dilatih dan dikontrol, salah satunya dengan bimbingan kelompok dengan metode diskusi. Oleh karena itu, diperlukan berbagai proses yang dapat disampaikan dan dipelajari oleh remaja dalam meningkatkan regulasi emosi. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran regulasi emosi siswa, masalah yang terjadi dalam bimbingan kelompok, dan proses pelaksanaan bimbingan kelompok dengan metode diskusi untuk meningkatkan regulasi emosi siswa kelas XI di MA A-Huda Pameungpeuk Kabupaten Bandung Penelitian ini berlandaskan pada pemikiran Wibowo mengenai bimbingan kelompok yang merupakan salah satu layanan kegiatan dengan memanfaatkan dinamika kelompok dalam membantu individu untuk membahas berbagai permasalahan yang sedang dihadapi dan memberikan sebuah pencegahan kepada anggota kelompoknya. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara langsung kepada guru BK dan siswa kelas XI. Berdasarkan hasil penelitian keseluruhan menunjukan bahwa bimbingan kelompok dengan metode diskusi di MA Al-Huda Pameungpeuk Kab. Bandung yaitu diantaranya gambaran regulasi emosi siswa cenderung rendah sebelum dilakukannya bimbingan kelompok dengan metode diskusi. Masalah yang terdapat dalam proses bimbingan kelompok dengan metode diskusi meliputi (1) peran siswa, (2) sarana dan prasaran, dan (3) waktu. Adapun proses yang dilalui dalam pelaksanaan bimbingan kelompok dengan metode diskusi meliputi beberapa tahapan yaitu tahap pembentukan, tahap kegiatan atau tahap inti, dan tahap pengakhiran. Sebagai kesimpulan, maka dinyatakan bahwa metode diskusi dalam meningkatkan regulasi emosi siswa di MA Al-Huda Pameungpeuk Kabupaten Bandung setelah beberapa kali dilaksanakan bimbingan kelompok menunjukkan peningkatan regulasi emosi siswa kelas XI meskipun belum mendapatkan hasil yang benar-benar maksimal namun setidaknya dinilai cukup baik dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Metode Diskusi; Regulasi Emosi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fransiska zulian tristianti
Date Deposited: 09 Sep 2021 05:39
Last Modified: 09 Sep 2021 05:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42942

Actions (login required)

View Item View Item