Dinamika dakwah masjid Tajug Gede Cilodong : Penelitian di masjid Tajug Gede Cilodong Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta

Agustina, Nur Alfiah (2021) Dinamika dakwah masjid Tajug Gede Cilodong : Penelitian di masjid Tajug Gede Cilodong Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (861kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan pergerakan agama islam di era modern saat ini semakin memiliki banyak peningkatan-peningkatan dalam setiap bentuk serta proses kegiatan dakwah nya. Dinamika dakwah meliputi sebuah proses kegiatan dakwah yang memiliki dorongan untuk senantiasa mengalami pembaharuan, pergerakan yang bersifat dinamis. Kemudian sejak jaman dahulu masjid atau Tajug identik hanya sebagai tempat shalat, Namun saat ini Masjid Tajug Gede Cilodong memiliki tujuan untuk menjadikan masjid yang bersifat dinamis, tidak hanya sebagai tempat shalat tetapi dapat menjadi Masjid Tajug Gede, dengan memiliki banyak fungsi sebagai pusat peradaban serta kegiatan dakwah islam melalui kegiatan –kegiatan dakwah nya, serta Masjid yang erat kaitan nya dengan akulturasi peradaban budaya sunda dengan nilai-nilai ajaran islam, untuk dapat mengajak seseorang untuk menjadi manusia yang lebih baik sesuai dengan ajaran agama islam. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk dapat menjelaskan lebih mendalam terkait kegiatan dakwah yang dilaksanakan di Masjid Tajug Gede Cilodong di Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta, dengan terkonsentrasi pada bentuk kegiatan dakwah, proses kegiatan dakwah serta pesan dakwah yang ada di Masjid Tajug Gede Cilodong Puwakarta.Penelitian ini memiliki landasan fokus pada teori teori proses dan tahapan dakwah, teori komunikasi antar budaya dan teori dakwah lain nya yang berkaitan dengan bentuk-bentuk kegiatan dakwah, unsur-unsur dakwah yang lebih berfokus pada media dakwah serta pesan dakwah. Metode dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif, metode ini digunakan untuk dapat membantu peneliti dalam mencari, menggambarkan dan merekam situasi sosial secara lebih luas. secara menyeluruh dan mendalam. Dengan langkah-langkah sebagai berikut : penentuan lokasi penelitian, memilih metode yang akan digunakan, menentukan jenis serta sumber penelitian, menemtukan teknik dari pengumpulan data agar akhirnya data dapat dianalisis.Hasil penelitian menunjukan bahwa tabligh adalah bentuk kegiatan dakwah yang dilaksanakan di Masjid Tajug Gede Cilodong Purwakarta. kegiatan tabligh dilaksanakan dengan pendekatan dakwah bil lisan dan bil hal, melalui metode dakwah bil al hikmah dan mauidzah hasanah. kemudian, Proses kegiatan dakwah yang ada di Masjid Tajug Gede Cilodong dilakukan dengan tiga tahapan, yakni tahapan pembentukan, tahapan penataan serta tahapan kemandirian atau pelepasan. Dan pesan dakwah yang terdapat di Masjid Tajug Gede Cilodong mengenai materi perihal ajakan kepada para jamaah untuk senantiasa memiliki akidah, keimanan, ibadah dan akhlak yang baik dalam menjalani kehidupan agar memiliki hubungan yang baik dengan Allah SWT dan hubungan sesama manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dinamika;Dakwah;Masjid
Subjects: Religious Education
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nur Alfiah Agustina
Date Deposited: 09 Sep 2021 07:28
Last Modified: 09 Sep 2021 07:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/42976

Actions (login required)

View Item View Item