Pengaruh pendapatan murabahah terhadap laba tahun berjalan pada Bank Muamalat Indonesia dan Bank Syariah Bukopin periode 2013-2020

Sulistiani, Ika (2021) Pengaruh pendapatan murabahah terhadap laba tahun berjalan pada Bank Muamalat Indonesia dan Bank Syariah Bukopin periode 2013-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (927kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (857kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpusaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat ketidaksesuaian antara teori dengan fakta yang ditemukan pada laporan keuangan Bank Muamalat Indonesia dan Bank Syariah Bukopin periode 2013 - 2020. Hasil analisis laporan keuangan kedua bank tersebut ditemukan bahwa peningkatan pendapatan murabahah tidak diiringi dengan peningkatan laba tahun berjalan. Padahal secara teori dinyatakan bahwa pendapatan dengan laba mempunyai hubungan yang searah atau berbanding lurus sehingga apabila pendapatan naik maka perolehan laba juga akan naik, sedangkan apabila pendapatan turun maka perolehan laba juga akan turun. Hal itu terjadi karena naik turunnya laba dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu dari pendapatan. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui dan menganalisis perkembangan pendapatan murabahah, mengetahui dan menganalisis perkembangan laba tahun berjalan, mengetahui dan menganalisis pengaruh pendapatan murabahah menurut PSAK 102 terhadap laba tahun berjalan pada Bank Muamalat Indonesia dan Bank Syariah Bukopin periode 2013 - 2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan berupa data sekunder yaitu laporan keuangan triwulan Bank Muamalat Indonesia dan Bank Syariah Bukopin periode 2013 – 2020 yang diperoleh dari website resmi yang dipublikasikan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linear sederhana, korelasi pearson product moment, koefisien determinasi dan statistik uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan pendapatan murabahah dan laba tahun berjalan pada kedua bank dari tahun 2013 – 2020 mengalami fluktuasi atau naik turun tetapi cenderung mengalami peningkatan per triwulannya. Pada Bank Muamalat Indonesia, pendapatan murabahah berpengaruh positif tidak signifikan terhadap laba tahun berjalan yang ditunjukkan dengan nilai thitung < ttabel atau 1,593 < 2,042 dan hanya memiliki pengaruh sebesar 7,8 % dengan tingkat korelasi lemah. Sedangkan pada Bank Syariah Bukopin, pendapatan murabahah berpengaruh positif signifikan terhadap laba tahun berjalan yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel atau 3,633 > 2,042 dan memiliki pengaruh sebesar 30,6 % dengan tingkat korelasi sedang/cukup kuat. Pada Bank Muamalat Indonesia dan Bank Syariah Bukopin, akad murabahah yang diteliti terutama untuk pengaturan terkait pendapatan murabahah telah memenuhi PSAK 102.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Murabahah; PSAK 102; Laba Tahun Berjalan
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Ika sulistiani
Date Deposited: 09 Sep 2021 08:32
Last Modified: 09 Sep 2021 08:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43080

Actions (login required)

View Item View Item