Implementasi Corporate Social Resposibilty sebagai sarana peningkatan reputasi perusahaan : Analisis deskriftif pada perusahaan Bakrie Pipe Industries

Herdiana, Elvira Dwi (2021) Implementasi Corporate Social Resposibilty sebagai sarana peningkatan reputasi perusahaan : Analisis deskriftif pada perusahaan Bakrie Pipe Industries. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER SKRIPSI.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTRAR ISI, GAMBAR, TABEL)
3_DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

PT Bakrie Pipe Industries sebagai sebuah perusahaan produsen pipa baja terkemuka di Indonesia memiliki komitmen tanggung jawab sosial yang diwujudkan dalam program-program Corporate Social Resposibilty yang dilaksanakan perusahaan secara berkelanjutan. Hal ini dapat dilihat dari data pra penelitian yang dikutip oleh peneliti bahwa perusahaan dalam menjalankan tanggung jawab sosial memiliki program-program yang berkelanjutan, perusahaan pun sudah mendapatkan pengahargaan sebanyak 6 kali dari Pemerintah Jawa Barat sebagai perusahaan Mitra CSR yakni sejak tahun 2015-2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Corporate Social Resposibilty sebagai peningkatan reputasi perusahaan berdasarkan konsep Triple Bottom Line yakni profit, people dan planet. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme dengan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, karena penulis ingin mengeksplorasi dan mendeskripsikan bagaimana Implementasi program Corporate Social Resposibilty untuk meningkatkan Reputasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan kegiatan program Corporate Social Resposibilty yang dilakukan oleh PT. Bakrie Pipe Industries mengunakan konsep Triple Bottom Line yang terdiri dari profit¸people dan planet yakni sebagai berikut: 1) Implementasi Program Corporate Social Responsibilty Pada aspek Profit atau ekonomi ini terdiri dari dua aspek yakni untuk masyarakat dan juga perusahaan. Pada aspek masyarakat implementasi Corporate Social Responsibilty ini memiliki program tanggung jawab sosial BPI Mitra yang berfokus kepada pemberdayaan masyarakat dan pada aspek perusahaan program yang telah dijalankan menghasilkan sebuah reputasi dan juga penghargaan. 2) Pada aspek people ini terbagi menjadi ketiga aspek yakni people dibidang kesehatan (BPI Sehat), people dibidang kemanusiaan (BPI Peduli) dan people dibidang pendidikan (BPI Cerdas). 3) Pada aspek terakhir yakni planet perusahaan memiliki program BPI Hijau untuk menjaga kestabilan lingkungan hidup. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa PT. Bakrie Pipe Industries telah melaksanakan program kegiatan Corporate Social Responsibilty sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab perusahaan sehingga mendapatkan reputasi. Kata Kunci: Corporate Social Responsibilty, Implementasi, Reputasi. ABSTRACT Elvira Dwi Herdiana, Implementation of Corporate Social Responsibility Means of Increasing Company Reputation (Descriptive Analysis of Bakrie Pipe Industries Company) PT Bakrie Pipe Industries as a leading steel pipe producer in Indonesia has a commitment to social responsibility which is embodied in Corporate Social Responsibility programs that are carried out by the company on an ongoing basis. This can be seen from the pre-research data cited by researchers that companies in carrying out social responsibility have sustainable programs, the company has also received awards 6 times from the West Java Government as a CSR partner company, namely from 2015-2021. The paradigm used in this research is constructivism which aims to make sense of the meanings expressed by informants that cannot be generalized. The approach used is qualitative aimed at understanding the phenomena experienced by the research subjects as a whole and in the form of words to a phenomenon. The method used in this research is descriptive analysis, because the writer wants to explore and describe how implementation of Corporate Social Responsibility as an increase in company reputation based on the Triple Bottom Line concept, namely profit, people and planet. The results of the study indicate that the implementation of Corporate Social Responsibility program activities carried out by PT. Bakrie Pipe Industries uses the Triple Bottom Line concept consisting of profit-people and planet as follows:1) Implementation of the Corporate Social Responsibility Program In the aspect of profit or economy, it consists of two aspects, namely for the community and also for the company. In the community aspect, the implementation of Corporate Social Responsibility has a BPI Mitra social responsibility program that focuses on community empowerment and on the corporate aspect, the implementation of Corporate Social Responsibility generates a reputation and awards. 2) In the people aspect, it is divided into several sections, namely people in the field of health (BPI Sehat), people in the field of humanity (BPI Peduli) and people in the field of education (BPI Cerdas). 3) In the last aspect, the company's planet has a BPI Hijau program to maintain environmental stability. Based on the results of the study, it was concluded that PT. Bakrie Pipe Industries has implemented a Corporate Social Responsibility program as a form of corporate commitment and responsibility and get reputation. Keywords: Corporate Social Responsibility, Implementation, Reputation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibilty; Implementasi; Reputasi.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Elvira Dwi Herdiana
Date Deposited: 10 Sep 2021 01:58
Last Modified: 10 Sep 2021 01:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43128

Actions (login required)

View Item View Item