Proses pengawasan kepengurusan santri putri dalam meningkatkan kualitas akhlak santri: Studi deskriptif di Kepengurusan Santri Putri Pondok Pesantren Annur Malangbong

Hasanah, Maulidya (2021) Proses pengawasan kepengurusan santri putri dalam meningkatkan kualitas akhlak santri: Studi deskriptif di Kepengurusan Santri Putri Pondok Pesantren Annur Malangbong. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (727kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy

Abstract

Pondok pesantren adalah sarana untuk menanamkan pengetahuan agama pada diri seseorang agar mengalami perubahan menjadi pribadi yang islami seperti dalam membentuk akhlak yang sesuai dengan ajaran dalam syari’at Islam. Melihat problematika akhlak zaman ini yang cenderung menyimpang dari norma-norma keislaman, maka kepengurusan santri putri Pondok Pesantren Annur melakukan pengawasan atau controlling terhadap santrinya demi terwujudnya santri-santri yang berakhlakul karimah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengawasan di Pondok Pesantren Putri Annur. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana proses pengawasan, hasil dan tindakan perbaikan yang dilakukan oleh kepengurusan santri putri Pondok Pesantren Annur dalam meningkatkan kualitas akhlak santri. Teori yang digunakan peneliti didasarkan pada teori G.R. Terry dalam buku Zamani (1998:132-133) bahwa pengawasan atau controlling merupakan suatu proses pengamatan terhadap pelaksanaan dan hasil kerja apakah sudah sesuai dengan yang telah direncanakan atau tidak. Apabila belum sesuai, maka akan timbul pertanyaan bagaimana tindakan perbaikan yang harus dilakukan agar hasil kerja sesuai dengan yang telah direncanakan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan serta fakta-fakta mengenai proses pengawasan yang dilakukan kepengurusan santri putri dalam meningkatkan kualitas akhlak santri. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan tekhnik pengumpulan datanya melalui observasi langsung, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, proses monitoring yang dilakukan oleh kepengurusan santri putri Pondok Pesantren Annur dilakukan selama 24 jam sepanjang kegiatan berlangsung, pengawasan yang dilakukan mencakup pengawasan langsung oleh pengurus asrama putri dan pengawasan tidak langsung oleh pembina yang tidak mengawasi secara langsung turun ke lapangan melainkan hanya menerima laporan mengenai perkembangan lingkungan asrama dan seluruh aktivitas yang dilakukan santri. Kedua, hasil pengawasan berjalan cukup baik dibuktikan dengan melihat dari persentase pelanggaran yang dilakukan oleh santri terus berkurang. Ketiga, tindakan perbaikan yang dilakukan kepengurusan santri putri Pondok Pesantren Annur mencakup tindakan perbaikan langsung berupa teguran dan arahan pada saat pelanggaran dilakukan dan tindakan perbaikan tidak langsung yaitu dengan pemberian sanksi yang merupakan hasil dari evaluasi rapat pengurus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengawasan; Pondok Pesantren; Akhlak;
Subjects: General Management
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Maulidya Hasanah
Date Deposited: 10 Sep 2021 08:32
Last Modified: 10 Sep 2021 08:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43137

Actions (login required)

View Item View Item