Pengaruh profitabilitas dan solvabilitas terhadap audit report lag pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2014-2020

Putri, Kristyanti Aulia (2021) Pengaruh profitabilitas dan solvabilitas terhadap audit report lag pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2014-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini karena mengingat pentingnya rentang waktu penyeleseian proses audit laporan keuangan sebagai salah satu komponen yang mempengaruhi ketepatan perusahaan dalam menyampaikan laporan keuangan agar informasi dalam laporan keuangan menjadi releven. Namun, kenyataannya berbagai perusahaan masih banyak yang melakukan keterlambatan dalam penyampaian laporan keuangan perusahaannya. Alasan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis pengaruh secara parsial profitabilitas terhadap audit report lag, pengaruh secara parsial solvabilitas terhadap audit report lag, dan pengaruh antara profitabilitas dan solvabilitas secara simultan terhadap audit report lag Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2014-2020. Audit report lag adalah jangka waktu untuk menyelesaian audit, atau dapat dijelaskan sebagai periode dari penutupan pembukuan sampai dengan tanggal laporan audit. Profitabilitas merupakan rasio yang diaplikasikan untuk dapat menakar kesanggupan perusahaan dalam mengejar keuntungan yang ingin dicapai selama periode waktu tertentu. Solvabilitas merupakan kesanggupan perusahaan untuk melaksanakan seluruh kewajibannya, yang diukur dengan seluruh kewajibannya dengan semua asetnya, dan seluruh kewajibannya dengan ekuitas. Metode yang dipakai yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedatisitas; regresi liner berganda; serta uji t dan uji F; koefisien determinasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, variabel profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap audit report lag secara parsial dengan arah pengaruh negatif yang dilihat dari persamaan regresi linear berganda, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai signifikan senilai 0,010. Selanjutnya untuk variabel solvabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap audit report lag dengan arah pengaruh positif yang dilihat dari persamaan regresi linear berganda, dengan perolehan nilai signifikan senilai 0,064. Secara simultan, variabel profitabilitas dan solvabilitas berpengaruh signifikan terhadap audit report lag, yang dapat dibuktikan dengan perolehan nilai signifikan senilai 0,009.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas; Solvablitas; Audit report lag
Subjects: Accounting
Accounting > Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Kristyanti Aulia Putri
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:41
Last Modified: 14 Sep 2021 04:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43149

Actions (login required)

View Item View Item