Penyuluhan Islam melalui program bina keluarga balita untuk meningkatkan pemahaman parenting : Penelitian pada kelompok BKB Desa Mekarrahayu Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung

Nuraeni, Yani (2021) Penyuluhan Islam melalui program bina keluarga balita untuk meningkatkan pemahaman parenting : Penelitian pada kelompok BKB Desa Mekarrahayu Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena terkait kemampuan parenting yang rendah kerapkali kita lihat dalam kehidupan sehari-hari misalnya anak mendapatkan kekerasan dari orangtua, orangtua sering membentak anak, anak balita dibiarkan main handphone tanpa pengawasan, ataupun banyak dari orangtua yang melakukan toxic parenting yakni terlalu berkuasa di rumah dan selalu menuntut anak. Banyaknya kegagalan dalam pengasuhan bukan berarti kurangnya kasih sayang orangtua kepada anak, melainkan orangtua memiliki kualitas penanaman nilai yang rendah dalam melakukan pembinaan di tengah keluarga. Oleh karena itu diperlukan berbagai upaya untuk membantu orangtua dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya mengenai pengasuhan (parenting). BKB Desa Mekarrahayu Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung merupakan salah satu lembaga non formal yang melaksanakan program penyuluhan Islam melalui program Bina Keluarga Balita sebagai upaya pendidikan dan penambahan informasi bagi orangtua dalam mengasuh dan mendidik anak balita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, proses pelaksanaan, dan hasil penyuluuhan Islam melalui program Bina Keluarga Balita untuk meningkatkan pemahaman parenting pada kelompok BKB Desa Mekarrahayu Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan wawancara tertulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan penyuluhan Islam melalui program Bina Keluarga Balita pada kelompok BKB Desa Mekarrahayu Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung dapat meningkatkan pemahaman parenting. Hal ini terlihat dari hasil akhir skor nilai yang didapat dari instrument pernyataan tentang indikator pemahaman parenting orangtua yang diberikan kepada peserta penyuluhan yang menunjukan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: penyuluhan islam; bina keluarga balita; parenting;
Subjects: Applied Psychology
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Yani Nuraeni
Date Deposited: 12 Sep 2021 22:47
Last Modified: 13 Sep 2021 00:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43178

Actions (login required)

View Item View Item