Strategi bimbingan dan konseling Islam untuk meningkatkan motivasi belajar dimasa pandemi covid-19 pada siswa SMA IT Al-Multazam

Hapsari, Nanda Rachmatika Aulia (2021) Strategi bimbingan dan konseling Islam untuk meningkatkan motivasi belajar dimasa pandemi covid-19 pada siswa SMA IT Al-Multazam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (509kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy

Abstract

Motivasi sangat berperan penting dalam proses kegiatan belajar. Dimasa pandemi covid-19 kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara daring dirumah. Hal ini membuat siswa merasa jenuh karena pembelajaran yang dianggap membosankan. Tidak sedikit siswa mengalami penurunan semangat belajar karena aktifitas yang terbatas. Diperlukan strategi yang tepat untuk membangun semangat siswa agar dapat meningkatkan motivasi belajar dimasa daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi motivasi belajar siswa SMA IT Al-Mulatzam dimasa pandemi covid-19, strategi program yang dilakukan bimbingan dan konseling islam untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA IT Al-Multazam dimasa pandemi covid-19, dan hasil dari strategi bimbingan dan konseling Islam untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA IT Al-Multazam dimasa pandemi covid-19. Penelitian ini didasari pada konsep pemikiran bahwa bimbingan dan konseling Islam merupakan proses pemberian bantuan berupa arahan, bimbingan, nasihat yang berikan kepada seseorang untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami agar dapat mengoptimalkan potensi akal pikirannya untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan diakhirat. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi program yang dilakukan bimbingan dan konseling Islam tepat. Adanya program bimbingan dan konseling Islam serta kerjasama antara guru pembimbing dengan wali kelas dan guru mata pelajaran dapat membantu siswa dalam meningkatkan semangat dan motivasi belajar dimasa pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bimbingan dan Konseling Islam; Motivasi; Pandemi Covid-19
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nanda Rachmatika Aulia Hapsari
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:01
Last Modified: 14 Sep 2021 04:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43246

Actions (login required)

View Item View Item