Fadilah, Difa Hasya (2021) Peran humas pemerintah sebagai fasilitator komunikasi dalam menjaga hubungan baik dengan masyarakat Kota Bandung : Analisis deskriptif pada Humas PD. Kebersihan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (164kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) | Request a copy |
Abstract
PD. Kebersihan Kota Bandung merupakan sebuah lembaga pemerintah daerah yang menjalankan tugasnya dalam melayani jasa pengangkutan sampah. Polemik kebersihan sampah di Kota Bandung yang terjadi di masyarakat menjadikan Humas PD. Kebersihan Kota Bandung menjalankan perannya sebagai fasilitator komunikasi, hal ini dapat dilihat dari data pra penelitian yang dikutip oleh peneliti bahwa banyaknya pengaduan-pengaduan dari masyarakat terkait terkait sampah di Kota Bandung sehingga Humas PD. Kebersihan Kota Bandung berupaya untuk sama-sama menjaga kebersihan Kota Bandung. Hal ini dilakukan agar terjalin hubungan baik dan saling pengertian antara masyarakat dan PD. Kebersihan Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya humas pada perusahaan daerah dalam pola interaksi transaksi, serta upaya pola keterhubungan humas dalam menjaga hubungan baik dengan masyarakat. Penelitian ini berdasarkan konsep peran public relations yang dijelaskan oleh Cutlip, dengan salah satu peran yang difokuskan yaitu peran sebagai fasilitator komunikasi. Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan interpretatif dan paradigma konstruktivisme, dengan metode deskriptif kualitatif melalui jenis data primer dan data sekunder. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui proses wawancara mendalam serta studi dokumentasi yang diperoleh pada saat di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran humas pemerintah sebagai fasilitator komunikasi dalam menjaga hubungan baik dengan masyarakat Kota Bandung yang dilakukan oleh humas PD. Kebersihan dilakukan melalui 1) upaya pola interaksi transaksi humas dalam peran sebagai fasilitator komunikasi bagi masyarakat dapat dikategorisasikan melalui proses produksi dan penyebaran pesan, memberikan keterbukaan dan kemudahan akses informasi, menyediakan fasilitas komunikasi, dan menjaga keefektifan komunikasi. 2) upaya humas dalam menjaga hubungan baik dengan masyarakat dapat dikategorisasikan melalui kegiatan perusahaan bersama dengan masyarakat, serta faktor pendukung guna membantu tujuan humas dalam menjaga hubungan baik dengan masyarakat, namun terdapat hambatan pada humas dalam menjaga hubungan baik dengan masyarakat, akan tetapi hambatan tersebut dapat ditangani oleh humas dalam perannya sebagai fasilitator komunikasi bagi perusahaan terhadap publik eksternal terutama masyarakat Kota Bandung. Sehingga terdapat hasil yang dirasakan oleh humas PD. Kebersihan Kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fasilitator Komunikasi;Humas Pemerintah;Hubungan Baik;Masyarakat Kota Bandung |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Philosopy and Theory > Language and Communication, Lexicology |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Difa Hasya Fadilah |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 06:47 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 06:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43255 |
Actions (login required)
View Item |