Peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 : Penelitian Mix Method di kelas V SDN Cieuri Kabupaten Bandung

Rosmaya, Neng (2021) Peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 : Penelitian Mix Method di kelas V SDN Cieuri Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik kelas V SD Negeri Cieuri yang sebagian besar kurang memiliki motivasi pada pembelajaran masa pandemi covid-19 yang dilaksanakan secara luring dan daring. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru harus memiliki peran sebagai motivator dan menerapkan strategi-strategi yang digunakan pada proses pembelajaran dalam memotivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Motivasi belajar siswa di kelas V SDN Cieuri Kabupaten Bandung pada masa pandemi covid-19, 2) Peran guru dalam memotivasi belajar siswa di kelas V SDN Cieuri Kabupaten Bandung pada masa pandemi covid-19, 3) Strategi guru dalam memotivasi belajar siswa di kelas V SDN Cieuri Kabupaten Bandung pada masa pandemi covid-19, 4) hambatan-hambatan yang dialami guru dalam memotivasi belajar siswa di kelas V SDN Cieuri Kabupaten Bandung pada masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mix method dengan pendekatan penelitian campuran yaitu kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi/ studi dokumen. Tahap penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti yaitu diawali dengan studi pendahuluan, kemudian proses penelitian, hingga analisis data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis yaitu teknik analisis non statistic yang meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/ verifikasi. Sedangkan teknik analisis yang kedua yaitu teknik analisis statistic yang meliputi editing, tabulating, dan analiting. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil: 1) Motivasi belajar siswa di kelas V SDN Cieuri pada masa pandemi covid-19 tergolong tinggi. Hal ini terlihat dari hasil angket dan wawancara yang menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa tergolong tinggi dengan persentase hasil angket sebesar 75% dengan frekuensi sebanyak 12 responden; 2) Peran guru dalam memotivasi belajar siswa di kelas V SDN Cieuri sudah berjalan dengan baik dan tergolong dalam kategori tinggi dengan persentase hasil angket sebesar 81,25% dengan frekuensi sebanyak 13 responden; 3) Strategi yang digunakan oleh guru dalam memotivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 terbagi menjadi dua yaitu strategi yang digunakan dalam sistem pembelajaran luring dan strategi yang digunakan dalam sistem pembelajaran daring; 4) Hambatan-hambatan yang dialami guru dalam memotivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 meliputi hambatan internal dan hambatan eksternal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru; Motivasi Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Neng Rosmaya
Date Deposited: 13 Sep 2021 08:48
Last Modified: 13 Sep 2021 08:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43257

Actions (login required)

View Item View Item