Peran pondok pesantren Darul Hidayah dalam mewujudkan nilai toleransi di lingkungan Kelurahan Cibangkong Kecamatan Batununggal Bandung

Agustina, Melinda (2021) Peran pondok pesantren Darul Hidayah dalam mewujudkan nilai toleransi di lingkungan Kelurahan Cibangkong Kecamatan Batununggal Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai nilai toleransi yang diterapkan pada Pesantren Darul Hidayah Bandung di Lingkungan Non-Muslim. Berangkat dari adanya sebuah kasus sikap intoleransi dan kasus-kasus lainnya yang terjadi pada beberapaa wilayah di Indonesia yang plural ini, dirasa penting masyarakat untuk terus nilai-nilai toleransi pada kehidupan sehari-hari. Dengan fenomena tersebut peneliti tertarik untuk meneliti tentang bagaimana peran pondok pesantren darul hiadayah dalam menghadapi perbedaan yang tetap menjaga keharmonisasian antar umat beragama sejak tahun 1964 sampai saat ini. Sehingga peneliti merumuskan judul penelitian yakni “Peran Pondok Pesantren Darul Hidayah dalam Mewujudkan Nilai Toleransi di Lingkugan Kelurahan Cibangkong Kecamatan Batununggal Bandung”. Adapun tujuan yang dalam penelitian ini yaitu: 1. Menjelaskan peran pondok pesantren dalam mewujudkan nilai-nilai toleransi di lingkungan non-muslim. 2. Memahami dampak peran toleransi tersebut bagi pengembangan pondok pesantren saat ini. Dalam penelitian Peran Pondok Pesantren Darul Hidayah dalam Mewujudkan Nilai Toleransi di Lingkungan Kelurahan Cibangkong Kecamata Batununggal menggunakan pendekatan Sosiologi Agama. Dalam penelitian ini, teknik penelitian kualitatif dijadikan sebagai jenis penelitian, dalam penelitian ini terdiri dari dua sumber yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Dalam teknik pengumpulan data di sini menggunakan beberapa metode agar pada penelitian mampu mendapatkan data yang lebih objektif dan tentunya valid. Adapun metode penelitian yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Di akhir pengumpulan data dalam penyusunan skripsi ini. Menggunakan beberapa metode penelitian diantaranya yaitu; menggunakan metode penelitian kualitatif dengan cara mengolah data yang bersifat deskriptif yaitu menjelaskan situasi yang ada di lapangan terkait “Peran Pondok Pesantren Darul Hidayah dalam Mewujudkan Nilai Toleransi di Lingkungan Kelurahan Cibangkong Kecamatan Batununggal Bandung”. Teori yang digunakan yaitu teori toleransi Mukti Ali dengan sebuah prinsip Agree in Disagreement, di sini dinyatakan bahwa setiap pemeluk agama mengakui adanya perbedaan pada agama yang dianut orang lain. Prinsip “setuju dalam perbedaan” yang diserukan Mukti Ali memiliki dampak possitif dalam kehidupan antarumat beragama, sebagaimana ini terlihat dari semakin berkembangnya pengertian dan pemahaman mengenai sikap saling mengakui hak hidup umat agama lain. Adapun hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Peran Pondok Pesantren Darul Hidayah tidak hanya sebagai memberikan ilmu pengetahuan juga pengabdian masyarakat dengan mencetak santri yang mampu berdakwah, berilmu saat terjun pada masyarakat. Berperan juga sebagai lembaga keagamaan dengan pengembangan nilai toleransi pada masyarat sekitar khususnya non-muslim, dengan menerapkan nilai atas empat hal. Kemudian dampak penerapan toleransi di lingkungan masyarakat plural tidak hanya dirasa pada satu pihak tetapi beberapa pihak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran;Pondok Pesantren;Toleransi
Subjects: Other Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Melinda Agustina
Date Deposited: 13 Sep 2021 00:52
Last Modified: 13 Sep 2021 00:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43261

Actions (login required)

View Item View Item