Pesan dakwah akhlak melalui media sosial : Analisis isi web series Ustadz Jaga Jarak episode 1-8 dalam Channel Youtube Menjadi Manusia

Rosdianti, Yunita (2021) Pesan dakwah akhlak melalui media sosial : Analisis isi web series Ustadz Jaga Jarak episode 1-8 dalam Channel Youtube Menjadi Manusia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya teknologi di era sekarang menimbulkan dampak yang signifikan kedalam banyak hal. Film atau web series dapat dijadikan media untuk menyeru kebaikan atau beragam pesan-pesan dakwah. Youtube. Salahsatu nya pada channel youtube Menjadi Manusia yang menyajikan tontonan webseries “Ustadz Jaga Jarak” sebagai film pendek yang memiliki pesan-pesan dakwah dalam setiap episodenya. Menceritakan tentang keluh kesah dan pembatasan kegiatan selama pandemi Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji, memahami, mengetahui, serta memilah pesan dakwah, yakni pesan dakwah akhlak dan imbauan pesan dakwah yang terdiri dari imbauan rasional, imbauan emosional, imbauan takut, imbauan ganjaran, imbauan motivasional yang terdapat dalam web series “Ustadz Jaga Jarak” episode 1-8. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori pesan dakwah, dan mengkhususkan pada pesan dakwah akhlak serta teori imbauan pesan dakwah Jalaluddin Rakhmat untuk memudahkan penelitian yang akan diteliti. Penelitian ini digunakan dengan menggunakan analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Analisis isi (content analysis) digunakan dalam penelitian untuk memperoleh beberapa hasil yang diteliti dari sebuah pesan dari sesuatu yang diteliti, baik dalam bentuk tersirat ataupun tersurat yang adalah pada keseluruhan objek penelitian. Sumber-sumber dalam pengumpulan data diperoleh dari hasil penelitian, pencarian, serta observasi dengan memilah dan memilih kategori yang di organisir data yang penting sesuai dengan analisis peneliti sehingga menghasilkan penelitian dengan relevan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa web series “Ustadz Jaga Jarak” episode 1-8 yang diunggah oleh channel youtube Menjadi Manusia merupakan film pendek karya Temata Studio yang mengandung pesan dakwah akhlak. Pesan dakwah akhlak ini dibahas menjadi akhlak terpuji (mahmudah) dan akhlak tercela (mazmumah), pesan dakwah akhlak yang paling banyak terdapat dalam keseluruhan web series “Ustadz Jaga Jarak” episode 1-8 dengan 19 sifat atau perilaku dan keseluruhan berjumlah 44 akhlak terpuji (mahmudah). Sedangkan pada imbauan pesan dakwah, imbauan emosional menjadi imbauan yang banyak terkandung dalam keseluruhan web series “Ustadz Jaga Jarak” episode 1-8 dengan jumlah 39 imbauan emosional yang cenderung menyentuh kondisi internal dalam diri manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Media Dakwah; Webseries; Ustadz
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Yunita Rosdianti
Date Deposited: 13 Sep 2021 09:45
Last Modified: 13 Sep 2021 09:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43265

Actions (login required)

View Item View Item