Rosalina, Siska Amelia (2021) Peranan bimbingan keagamaan dalam meningkatkan Self Control remaja awal : Penelitian di asrama SMP Islam terpadu Nurusy Syifa Cisaat Pacet Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (717kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
Abstract
Remaja merupakan masa transisi dari kanak-kanak ke dewasa dan sedang mencari pola hidup yang sesuai baginya. Seorang remaja terkadang bertindak mengikuti segala dorongan emosi yang muncul dalam dirinya dan mempunyai emosi yang tidak stabil. Sehingga menimbulkan berbagai perilaku kenakalan remaja yang mengkhawatirkan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Asrama SMP Islam Terpadu Nurusy Syifa Cisaat mengadakan berbagai program bimbingan keagamaan untuk meningkatkan self control remaja awal. Self control berguna untuk mereduksi efek psikologis yang negatif, sehingga para remaja memiliki kemampuan untuk menetapkan keputusan mengenai kapan dan bagaimana harus mengekspresikan sebuah emosi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program bimbingan keagamaan, proses bimbingan keagamaan, serta hasil bimbingan keagamaan dalam meningkatkan self control remaja awal di Asrama SMP Islam Terpadu Nurusy Syifa Cisaat. Penelitian ini betolak dari pemikiran bahwa salah satu upaya untuk meningkatkan self control remaja adalah dengan menggunakan peran bimbingan keagamaan. Remaja dengan tingkat pemahaman agama yang baik percaya bahwa setiap perilakunya selalu diawasi oleh Allah SWT, sehingga cenderung memiliki self control yang tinggi dalam dirinya. Masalah yang diteliti perlu dituangkan secara sistematis dan faktual dengan menggunakan keadaan atau status fenomena. Oleh karena itu, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil bimbingan keagamaan di Asrama SMP Islam Terpadu Nurusy Syifa Cisaat adalah munculnya aspek-aspek self control pada remaja seperti timbulnya kemampuan mengontrol perilaku, kemampuan mengontrol stimulus, dan kemampuan mengantisipasi sebuah peristiwa melalui berbagai perimbangan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan keagamaan memiliki peranan yang sangat menunjang dalam meningkatkan self control remaja awal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Keagamaan;Self Control;Remaja Awal |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Siska Amelia Risalina |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 09:47 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 09:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43276 |
Actions (login required)
View Item |