Pengembangan media pembelajaran audiovisual berbasis aplikasi Powtoon pada materi sistem sirkulasi

Kurnia, Nendiyani (2021) Pengembangan media pembelajaran audiovisual berbasis aplikasi Powtoon pada materi sistem sirkulasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
01_cover.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02_abstrak.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
03_daftarisi.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
04_bab1.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
05_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB)
[img] Text (BAB III)
06_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text (BAB IV)
07_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)
[img] Text (BAB V)
08_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan salah satu madrasah di Kabupaten Majalengka, hal penting yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran adalah media pembelajaran yang dapat menggugah minat belajar peserta didik dan tidak monoton, salah satu media pembelajaran tersebut adalah media pembelajaran audiovisual berbasis aplikasi powtoon. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran audiovisual berbasis aplikasi powtoon pada materi sistem sirkulasi, menganalisis kelayakan dan menganalisis respon siswa terhadap media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D (define, design, develop). Subjek penelitian terdiri dari 52 orang peserta didik kelas XI MIPA di salah satu Madrasah Aliyah Negeri yang ada di Kabupaten Majalengka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan uji validasi ahli media, ahli materi, dan guru biologi, serta uji respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil persentase rata-rata uji validasi adalah sebesar 86% dengan kategori sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Selanjutnya media pembelajaran diujicobakan melalui kegiatan pembelajaran dan diperoleh hasil respon siswa dengan persentase sebesar 84% yang berkategori sangat positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Audiovisual; Media Pembelajaran; R&D; Sistem Sirkulasi;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nendiyani Kurnia
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:51
Last Modified: 13 Sep 2021 07:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43290

Actions (login required)

View Item View Item