Pengaruh pembiayaan Murabahah terhadap kemampuan bayar dan pengembangan bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Bandung

Yuliani, Seny (2021) Pengaruh pembiayaan Murabahah terhadap kemampuan bayar dan pengembangan bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang menunjukan bahwa pengembangan bisnis dan kemampuan membayar nasabah mempengaruhi pilihan masyarakat pelaku bisnis dalam satu tahun terakhir yang diakibatkan adanya pandemi Corona Virus Disease 2019, pada pemilihan pembiayaan murabahah oleh UMKM di Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiayaan murabahah terhadap kemampuan bayar dan pengembangan bisnis UMKM di Kota bandung. Selain itu juga diperuntukkan untuk mengetahui indikator yang paling berpengaruh terhadap variabel pembiayaan murabahah dan kemampuan bayar serta pengembangan bisnis. Penelitian ini menggunakan 3 dasar teori untuk mewakili setiap variabel yang dipakai, seperti variabel pembiayaan murabahah menggunakan sumber teori dari ketentuan perbankan syariah di Indonesia dengan memilih menggunakan 2 indikator di dalamnya, sedangkan teori kemampuan bayar mengadaptasi dari Michel Porter dengan memilih 5 indikator, lalu teori pengembangan bisnis mengadaptasi dari dengan memilih 3 indikator. Penelitian tesis ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode explanatory survey. Total populasi dalam penelitian ini 915 responden dan sampel yang digunakan 100 responden yang diacak secara acak pada UMKM di Kota Bandung berdasarkan data nasabah yang meminjam di Bank Jabar Banten Syariah (BJBS) terkhusus yang memilih menggunakan pembiayaan murabahah pada tahun 2020. Kemudian untuk analisis datanya dengan menggunakan SEM PLS. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian diperoleh hasil, yaitu Penggunaan pembiayaan Murabahah berpengaruh terhadap kemampuan bayar pada UMKM di Kota Bandung, dengan persentase pengaruh sebesar 0,643 atau 64,3% sedangkan sisanya sebesar 35,7% merupakan pengaruh dari faktor lain yang tidak diamati. Penggunaan pembiayaan Murabahah berpengaruh terhadap pengembangan bisnis pada UMKM di Kota Bandung, dengan persentase pengaruh sebesar 0,634 atau 63,4% sedangkan sisanya sebesar 36,6% merupakan pengaruh dari faktor lain yang tidak diamati.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Murabahah; Kemampuan Bayar; UMKM
Subjects: Econmics
Accounting
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:56
Last Modified: 14 Sep 2021 04:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43312

Actions (login required)

View Item View Item