Maharani, Bilqis (2021) Pemanfaatan aplikasi Wolfram Alpha dengan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text
1_cover.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (530kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berupa penelitian quasi eksperimen yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) gambaran aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran matematika yang memanfaatkan Wolfram Alpha dengan pendekatan RMT; (b) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang pembelajarannya memanfaatkan Wolfram Alpha menggunakan pendekatan RMT dengan siswa yang pembelajarannya konvensional; (c) respon siswa terhadap pembelajaran yang memanfaatkan Wolfram Alpha dengan pendekatan RMT. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian tes soal kemampuan pemecahan masalah matematis dan nontes yaitu angket respon siswa terhadap pembelajaran matematika yang memanfaatkan Wolfram Alpha dengan pendekatan RMT. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Cianjur dengan sampel X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data N-gain, diperoleh: (a) gambaran aktivitas guru pada pembelajaran matematika yang memanfaatkan Wolfram Alpha dengan pendekatan RMT berada pada kategori sangat baik dan aktivitas siswa berada pada kategori baik; (b) peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang pembelajarannya memanfaatkan Wolfram Alpha dengan pendekatan RMT lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya konvensional; (c) sebagian besar siswa yang pembelajarannya memanfaatkan Wolfram Alpha dengan pendekatan RMT merespon positif terhadap pembelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Wolfram Alpha; Rigorous Mathematical Thinking; Pemecahan Masalah Matematis; |
Subjects: | Education Arithmetics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Bilqis Maharani |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 03:50 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 03:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43324 |
Actions (login required)
View Item |