Konseling keluarga melalui Motivator Ketahanan Keluarga (Motekar) dalam upaya mencegah perceraian: Penelitian di kantor UPTD P5A Kecamatan Ciparay

Anisya, Salsa (2021) Konseling keluarga melalui Motivator Ketahanan Keluarga (Motekar) dalam upaya mencegah perceraian: Penelitian di kantor UPTD P5A Kecamatan Ciparay. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu kondisi Provinsi Jawa Barat yang setiap tahunnya menduduki peringkat teratas dari kasus perceraian di Indonesia termasuk Kabupaten Bandung yang setahun terakhir menjadi perbincangan masyarakat karena meningkatnya kasus perceraian yang dibuktikan dengan jumlah daftar angka perceraian yang sangat tinggi di Pengadilan Agama Bandung. Begitupun dengan angka perceraian yang terjadi di Kecamatan Ciparay yang setiap bulan bahkan tahunnya selalu ada keluarga yang bercerai. Salah satu upaya pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menanggulangi hal itu dengan membentuk program Motekar yang dinaungi langsung oleh DP3AKB yang salah satu programnya yaitu konseling keluarga dengan tujuan agar keluarga memiliki ketahanan keluarga yang baik sehingga perceraian dapat dicegah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, proses dan hasil yang dicapai dalam konseling keluarga melalui Motekar (Motivator Ketahanan Keluarga) dalam upaya mencegah perceraian di Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasari oleh konsep pemikiran bahwa konseling keluarga merupakan upaya pemberian bantuan kepada individu atau anggota keluarga dalam upaya membantu mengatasi masalah yang sedang dihadapi oleh keluarga, sehingga percerain di antara suami dan istri dapat dihindari. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan wawancara tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling keluarga melalui Motekar Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung mampu meningkatkan ketahanana keluarga dalam upaya mencegah perceraian. Hal ini ditunjukkan dengan tingginya skor dari wawancara tertulis terkait ketahanan keluarga dan terkendalinya kasus perceraian yang terjadi di Kecamatan Ciparay setiap bulannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Keluarga; Ketahanan Keluarga; Perceraian
Subjects: Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Perceraian Menurut Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Salsa Anisya
Date Deposited: 15 Sep 2021 03:18
Last Modified: 15 Sep 2021 03:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43332

Actions (login required)

View Item View Item