Analisis pengaruh pendapatan Murabahah dan BOPO terhadap laba bersih : Studi kasus pada Bank BRIsyariah periode 2013 - 2020

Permata, Yurissa Intan (2021) Analisis pengaruh pendapatan Murabahah dan BOPO terhadap laba bersih : Studi kasus pada Bank BRIsyariah periode 2013 - 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidaksesuaian beberapa hasil penelitian terdahulu terkait pengaruh Pendapatan Murabahah dan BOPO terhadap Laba Bersih dengan teori yang menyatakan bahwa Pendapatan Murabahah memiliki pengaruh positif dan BOPO berpengaruh negatif terhadap Laba Bersih. Hasil penelitian-penelitian terdahulu yang kontra dengan teori tersebut mengemukakan bahwa Pendapatan Murabahah dan BOPO tidak memiliki pengaruh terhadap Laba Bersih. Penulis melakukan penelitian ini dengan beberapa tujuan, yakni: (1) Mengetahui & menganalisis pengaruh Pendapatan Murabahah secara parsial terhadap Laba Bersih; (2) Mengetahui & menganalisis pengaruh BOPO secara parsial terhadap Laba Bersih; serta (3) Mengetahui & menganalisis pengaruh Pendapatan Murabahah & BOPO secara simultan terhadap Laba Bersih. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data sekunder yang diperoleh dari Publikasi Triwulanan Bank BRIsyariah Periode 2013 – 2020. Dalam penelitian ini digunakan dua Variabel Independen dan satu Variabel Dependen, yakni Pendapatan Murabahah & BOPO sebagai Variabel Independen, sementara Laba Bersih sebagai Variabel Dependen. Adapun teknik analisis data yang digunakan terdiri dari Analisis Statistik Deskriptif, Pengujian Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear, dan Pengujian Hipotesis. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS for Windows Versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendapatan Murabahah secara parsial terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan sebesar 45,4% terhadap Laba Bersih; (2) BOPO secara parsial terbukti memiliki pengaruh negatif dan signifikan sebesar 29,5% terhadap Laba Bersih; dan (3) Pendapatan Murabahah dan BOPO secara simultan terbukti memiliki pengaruh sebesar 87,6% terhadap Laba Bersih.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Murabahah; BOPO; Laba Bersih; Bank BRIsyariah
Subjects: Accounting > Private Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Yurissa Intan Permata
Date Deposited: 15 Sep 2021 02:41
Last Modified: 15 Sep 2021 02:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43362

Actions (login required)

View Item View Item