Representasi fashion Islami dalam media sosial instagram : Analisis semiotika pesan dakwah tentang fashion Islami dalam akun instagram @larissachou

Ulfa, Oktaviani (2021) Representasi fashion Islami dalam media sosial instagram : Analisis semiotika pesan dakwah tentang fashion Islami dalam akun instagram @larissachou. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan pada teknologi yang semakin berkembang pada saat ini dapat memudahkan manusi untuk mendapatkan informasi karna saat ini sudah masuk kedalam aspek sosial, sehingga banyak para da’i berusaha menyampaikan dakwanya tidak di mimbar saja, tetapi ada banyak cara untuk menyampaikannya. Salah satunya adalah sosial media Instagram yang banyak dinikmati dan di minati tidak hanya untuk konten hiburan akan tetapi bisa digunakan untuk konten atau aktifitas dakwah seperti pada konten @larissachou lewat postingan gamba, Hadist quran, Quote yang memiliki pesan dakwah. Penelitian ini bertujuan memberikan pesan moral, akhlak, syariah, akidah dan juga makna denotasi,konotasi serta mengatahui makna mitos pada unggahan di akun instagram @larissachou periode 2018-2021. Penulis menggunakan teori analisi simiotika Roland Barthes. Yang terkenal dengan konsep analisisnya mengkaji dan mempelajari simbol, tanda dalam bahasa dan hal-hal yang tersembunyi dalam sebuat tanda. Pada kerangkan pemikiran dalam penelitian ini yaitu pada akun instagram @larissachou sebagai objek dari penelitian yang menganalisis makna pesan moral, dakwah pada setiap postingan menggunakan teori Roland Barthes untuk menemukan makna Denotasi,Konotasi dan Mitos. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif. Analisis simiotika yang menghasilkan data deskriptif yang bertujuan menganalisis makna dari tanda-tanda dan menafsirkan quote untuk membrikan gambaran pada postingan di akun instagram @larissachou yang meliputi Denotasi Konotasi dan Mitos makna sebenarnya dan makna yang tersirat. Hasil penelitian menunujukan bahwa ada makna pesan moral, akhlak, syariah, akidah dan juga makna denotasi,konotasi serta mengatahui makna mitos pada unggahan di akun instagram @larissachou periode 2018-2021. Instagram @larissachou sebagai media dakwah yang memuat pesan dakwah didalamnya, yang menggambarkan fashion islami dalam busana yang di gunakan @larissachou dengan melihat dampak positif terhadap arus globalisasi yang semakin berkembang di Indonesia. Sehingga dapat memotivasi muslimah dalam berhijab dan membuktikan bahwa dalam kegiatan apapun dengan berhijab tidak mengahalangin kita sebagai wanita muslimah untuk berkarya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Media Sosial; Instagram
Subjects: Islam > Islam and Technology
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Oktaviani Ulfa
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:36
Last Modified: 15 Sep 2021 04:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43367

Actions (login required)

View Item View Item