Pengaruh penerapan akuntansi zakat, infak dan sedekah (PSAK no. 109) , pengendalian intern, dan kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan syariah di Baznas Kabupaten Tasikmalaya

Suryati, Ati (2021) Pengaruh penerapan akuntansi zakat, infak dan sedekah (PSAK no. 109) , pengendalian intern, dan kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan syariah di Baznas Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh data dari realisasi dana yang terhimpun tidak sesuai dengan potensi zakat yang seharusnya terhimpun. Hal tersebut di indikasikan karena adanya kurang kepercayaan muzakki untuk menitipkan zakatya melalui organisasi pengelola zakat. Pembuatan laporan keuangan yang berkualitas dalam mengelola dana zakat diperlukan untuk meyakinkan para muzakki sebagai bentuk transparansi. Dalam upaya untuk menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas pengelolaan keuangan harus sesuai dengan standar yang diterima secara umum. Standar dalam menyusun laporan keuangan tentang zakat yaitu PSAK No.109. Selain itu untuk menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas didukung oleh pengawasan untuk meminimalisir dalam kecurangan dan kesalahan maka diperlukan adanya pengendalian intern. Serta dalam menyusun laporan keuangan yang berkualitas harus ditunjang oleh sumber daya manusia yang memilki kompetensi. Berdasarkan paparan di atas, maka penelitian ini dilakukan yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan akuntansi zakat, infak dan sedekah (PSAK No.109), pengendalian intern, kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan syari’ah di BAZNAS Kabupaten Tasikmalaya, baik secara parsial maupun simultan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer. Populasi dalam penelitian ini seluruh karyawan BAZNAS Kabupaten Tasikmalaya dan sampel pada penelitian ini yaitu bagian keuangan dan pelaporan serta bagian administrasi keuangan UPZ yang tersebar di setiap kecamatan dengan total responden 43 orang. Dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi berganda dan uji asumsi klasik, serta uji hipotesis, dengan alat uji SPSS Versi 25. Hasil dari penelitian ini menghasilkan bahwa penerapan Akuntansi Zakat, Infak dan Sedekah(PSAK No.109), Pengendalian Intern, Kompetensi Sumber Daya Manusia secara bersama-sama dapat berpengaruh positif signfikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan syari’ah di BAZNAS Kabupaten Tasikmalaya. Hasil penelitian uji hipotesis secara parsial diperoleh bahwa hanya Pengendalian Intern yang berpengaruh positif secara signifikan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan sedangkan penerapan Akuntansi Zakat, Infak dan Sedekah (PSAK No.109) serta Kompetensi Sumber Daya Manusia, berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Hasil dari koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel independen memberikan pengaruh sebesar 83,3%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PSAK No.109;Pengendalian Intern;Kompetensi SDM;Kualitas Laporan Keuangan
Subjects: Accounting > Accounting for Specific Activities
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: ati suryati
Date Deposited: 14 Sep 2021 05:44
Last Modified: 14 Sep 2021 05:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43385

Actions (login required)

View Item View Item