Analisis penerapan ISAK 35 tentang penyajian laporan keuangan entitas berorientasi nonlaba pada Yayasan Ar-Rasyidi Narang Baya.

Theana, Ina (2021) Analisis penerapan ISAK 35 tentang penyajian laporan keuangan entitas berorientasi nonlaba pada Yayasan Ar-Rasyidi Narang Baya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak (1).pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_Bab 1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

Yayasan Ar-Rasyidi Narang Baya merupakan salah satu lembaga yang termasuk ke dalam entitas nonlaba, yang mana dalam pengelolaannya mengharuskan membuat laporan keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pengelolaan dana yang mereka peroleh. Laporan keuangan entitas nonlaba meliputi laporan posisi keuangan, laporan penghasilan komprehensif, laporan perubahan asset neto, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan. Namun pada kenyataannya, beberapa organisasi nirlaba lebih terfokus terhadap pengembangan program kegiatannya dari pada kegiatan administrasinya. Jika dilihat dari ruang lingkupnya Yayasan Ar-Rasyidi Narang Baya ini sudah berkembang sangat pesat yang mana seharusnya yayasan menyajikan laporan keuangan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan yaitu ISAK 35. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui proses penyajian laporan keuangan pada Yayasan Ar-Rasyidi Narang Baya dan mengetahui kesesuaian laporan keuangan yang telah disajikan sesuai atau tidak dengan ISAK 35 tentang penyajian laporan keuangan entitas berorientasi nonlaba. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualiatatif dengan pendekatan deskriptif dan subjek penelitiannya adalah Yayasan Ar-Rasyidi Narang Baya sedangkan untuk objeknya yaitu laporan keuangan yang dikelola oleh Yayasan Ar-Rasyidi Narang Baya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa proses penyajian laporan keuangan yang dilakukan yayasan Ar-Rasyidi Narang Baya dalam pelaksanaannya belum menerapkan siklus akuntansi, laporan keuangan yang disajikan masih sederhana seperti laporan pemasukan dan pengeluaran serta laporan aktivitas yang dilaporkan setiap bulan dan tahun. Kemudian laporan keuangan yang telah disajikan belum sesuai dengan ISAK 35 karena belum menyajikan laporan posisi keuangan, laporan komprehensif, laporan asset neto, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: ISAK 35; Laporan Keuangan; Penyajian; Kesesuaian; Yayasan
Subjects: Accounting > Accounting for Specific Organizations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: ina theana
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:46
Last Modified: 14 Sep 2021 04:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43388

Actions (login required)

View Item View Item