Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Imbalan (NI) terhadap Return on Equity (ROE) pada PT Bank Syariah Mandiri periode 2010-2020

Rihadatulaisy, Yumni Alfiah (2021) Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Imbalan (NI) terhadap Return on Equity (ROE) pada PT Bank Syariah Mandiri periode 2010-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Return on Equity merupakan rasio yang menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba bersih menggunakan modal sendiri. Tingkat profitabilitas yang naik turun atau fluktuasi menandakan adanya permasalahan suatu perusahaan yang dipengaruhi oleh pengelolaan aktiva produktif dan penyaluran dana kepada pihak ketiga. Oleh karena itu, Return on Equity diduga menjadi rasio yang mempengaruhi Financing to Deposit Ratio dan Net Imbalan di PT Bank Syariah Mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganilisis pengaruh secara parsial antara Financing to Deposit Ratio terhadap Return on Equity dan pengaruh Net Imbalan terhadap Return on Equity pada PT Bank Syariah Mandiri, serta mengetahui pengaruh secara simultan antara Financing to Deposit Ratio dan Net Imbalan terhadap Return on Equity pada PT Bank Syariah Mandiri. Kerangka berpikir yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Imbalan (NI) mampu menggambarkan indikator baik dalam mendorong peningkatan Return on Equity (ROE), yang menyatakan bahwa ketika Financing to Deposit Ratio (FDR) naik, maka Return on Equity (ROE) juga naik, begitu juga ketika Net Imbalan (NI) naik, maka Return on Equity (ROE) juga naik, begitupun sebaliknya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan pada web resmi yang dipublikasi PT Bank Syariah Mandiri periode 2010-2020. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan berganda, korelasi pearson product moment dan korelasi berganda, koefisien determinasi serta analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Financing to Deposit Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Return on Equity yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 32,1%. Secara parsial Net Imbalan tidak berpengaruh signifikan terhadap Return on Equity dengan koefisien determinasi sebesar 12,9%. Kemudian secara simultan Financing to Deposit Ratio dan Net Imbalan tidak bepengaruh signifikan terhadap Return on Equity dengan koefisien determinasi sebesar 32,3% pada PT Bank Syariah Mandiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Financing to Deposit Ratio; Net Imbalan; Return on Equity
Subjects: Financial Economics, Finance > Banks
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Yumni Alfiah Rihadatulaisy
Date Deposited: 14 Sep 2021 05:58
Last Modified: 14 Sep 2021 05:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43420

Actions (login required)

View Item View Item