Dakwah kepada anak jalanan : Studi fenomenologi terhadap aktivitas dakwah Kiai Maung di Pondok Pesantren Raudlatul Hasanah Subang

Safitri, Nabila Hekar (2021) Dakwah kepada anak jalanan : Studi fenomenologi terhadap aktivitas dakwah Kiai Maung di Pondok Pesantren Raudlatul Hasanah Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy

Abstract

Idealnya anak-anak akan menjadi tonggak bagi keberhasilan suatu bangsa sebagaimana predikat yang selalu melekat yakni sebagai generasi penerus bangsa. Namun seiring berkembangnya zaman, fenomena anak yang hidup di jalanan turut mengalami peningkatan kuantitasnya. Seperti halnya ketika menyusuri Subang kota, akan banyak ditemukan sekelompok anak jalanan. Maka di sinilah, peran dari seluruh lapisan masyarakat sangat dibutuhkan, termasuk dari seorang dai. Dai memiliki peran yang begitu besar untuk menyeru anak jalanan menuju ketaatan hanya kepada-Nya dengan pesan-pesan Islamiah yang disampaikan melalui lisannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dakwah kepada anak jalanan yang dilakukan oleh Kiai Maung di Pondok Pesantren Raudlatul Hasanah Subang pada tiga dimensi pembahasan, yakni pemahaman; pemaknaan; serta pengalaman. Peneliti menggunakan teori interaksi simbolik dari George Herbert Mead dan teori fenomenologi Alfred Schutz. Kedua teori tersebut berguna untuk mendeskripsikan fenomena sosial yang ada di masyarakat terkait interaksi yang terjadi antara kiai dengan anak jalanan mengenai dakwah dan menggunakan simbol bahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi dan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan studi dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman Kiai Maung mengenai dakwah kepada anak jalanan merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan dengan menitikberatkan kepada rasa penuh tanggung jawab dan dengan menanamkan doktrin rahmatan lil’alamin. Pemaknaan mengenai dakwah kepada anak jalanan adalah sebagai misi untuk menyampaikan ajaran Islam dengan hanya mengharapkan rida dari Allah Swt. semata dan untuk menghidupkan agama bukan hidup dari agama (money oriented). Aktivitas tersebut dilatarbelakangi oleh tidak banyak dai yang berkenan menanggung segala bentuk risiko yang akan terjadi, rendahnya tingkat perekonomian anak jalanan, serta rendahnya tingkat kesadaran dari masyarakat sekitar kepada anak jalanan. Pengalaman mengenai dakwah kepada anak jalanan meliputi hambatan yang pernah dialami, kesulitan yang pernah dirasakannya, perubahan terhadap akhlak terpuji yang prosesnya berlangsung begitu lamban, dengan menerapkan metode dakwah silaturahmi (home visit) dan ceramah di pengajian kitab ceramah di acara pengajian kitab Syu’bul Iman dan Al-Hikam. Media dakwah yang diimplementasikannya melalui lisan, media sosial Youtube, dan pencak silat. Selain itu, materi dakwah yang disampaikan berkaitan dengan peningkatan kualitas iman, Islam, dan juga ihsan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Anak Jalanan; Kiai; Pondok Pesantren
Subjects: Systems > Theory of Communication and Control
Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology
Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Islam > Islam and Social Sciences
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction
Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nabila Hekar Safitri
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:45
Last Modified: 15 Sep 2021 04:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43454

Actions (login required)

View Item View Item