Pembelajaran jarak jauh menggunakan WhatsApp pada masa pandemi Covid-19 dan dampaknya terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PAI peserta didik di SMPN Srijaya Makmur Musi Rawas Utara Sumatera Selatan

Haibah, Mujahidatul (2021) Pembelajaran jarak jauh menggunakan WhatsApp pada masa pandemi Covid-19 dan dampaknya terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PAI peserta didik di SMPN Srijaya Makmur Musi Rawas Utara Sumatera Selatan. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada proses kegiatan belajar mengajar di masa pandemi saat ini sangat kesulitan dalam menyampaikan sebuah materi. Pendidik PAI menggunakan aplikasi Whatsapp (WA) dan Messenger, materi hanya dengan memberikan arahan untuk membaca sendiri di buku paket yang telah diberikan dan langsung diberikan tugas dan dikirimkan kembali kepada guru. Langkah ini kurang menarik peserta didik untuk semangat dalam belajar, pengumpulan tugas banyak yang, dan hasil belajar peserta didik rendah yang diperoleh pada hasil Ujian Akhir Semester Ganjil peserta didik di Kelas VIII A. Tujuan dari penelitian ini yaitu menjelaskan konsep, pjj menggunakan WA, faktor pendukung dan penghambat, dampak dari motivasi belajar dan juga hasil belajar selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi. Sesuai teori dalam penelitian ini didasari pada pemikiran bahwa pembelajaran jarak jauh yaitu keberadaan suatu organisasi yang mengatur baik itu dalam cara belajar mandiri, bahan ajar dengan media, juga tidak ada sedikitpun kontak langsung yaitu baik itu antara guru maupun siswa. Maka dari itu dalam penelitian ini penyusun meneliti pembelajaran jarak jauh menggunakan WA. Metode penelitian yang dipergunakan untuk penelitian ini yaitu metode desktiptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analis datanya yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Konsep PJJ selama masa pandemi yaitu menggunakan model daring (online) dengan kurikulum sebelumnya K13 menjadi kurikulum darurat selama masa pandemi. 2) Penggunaan yang dilakukan selama PJJ hanya melalui aplikasi WA grup dengan cara memberikan sebuah instruksi mempelajari dengan membaca secara mandiri dari buku paket PAI kemudian saat diberikan tugas dikumpulkan pada waktu yang diberikan. 3) Faktor pendukung dan penghambat yaitu faktor pendukungnya setengah dari warga sekolah sudah mendapatkan kuota gratis. Dan faktor penghambat pemyampaian materi dan evaluasi lebih sulit, tidak bisa memakai metode maupun media, koneksi internet yang tidak stabil. 4) Dampak terhadap motivasi dan hasil belajar yaitu motivasi belajar peserta didik masih kurang terlihat dari keinginan dalam belajar dan dorongan belajar, harapan dan cita-cita peserta didik belum sepenuhnya tersadar akan pentingnya, penghargaan yang diberikan hanya sebatas ucapan selamat, ketertarikan dalam belajar PJJ kurang karena menyampaikan materi tidak dengan penjelasan, lingkungan masih kurang karena tidak stabil koneksi internet. Dampak dari hasil belajar terlihat dari nilai PTS peserta didik dan kendala yang dominan kurang paham materi yang diberikan, sehingga dapat disimpulkan pembelajaran jarak jauh menggunakan WA tidak dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik dikarenakan banyak kendala yang dialami peserta didik dan pendidik dalam proses belajar. ABSTRACT Mujahidatul Haibah, 2021. Distance Learning Using WhatsApp During the Covid-19 Pandemic and Its Impact on Learning Motivation and PAI Learning Outcomes of Students at SMPN Srijaya Makmur Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan. This research is motivated by the process of teaching and learning activities during the current pandemic, it is very difficult to convey a material. PAI educators use the Whatsapp (WA) and Messenger applications, the material is only by giving directions to read for yourself in the package book that has been given and immediately given the task and sent back to the teacher. This step does not attract students to be enthusiastic in learning, the collection of many assignments, and low student learning outcomes obtained in the results of the Odd Semester Final Exams of students in Class VIII A. The purpose of this study is to explain the concept, Pjj using WA, supporting and inhibiting factors, the impact of learning motivation and also learning outcomes during distance learning during the pandemic. According to the theory in this study, it is based on the idea that distance learning is the existence of an organization that regulates both in terms of independent learning, teaching materials with the media, there is also no direct contact, either between teachers and students. Therefore, in this study, the authors examined distance learning using WA. The research method used for this research is descriptive analysis method with a qualitative approach. Data collected from interviews, observations, and documentation. The data analysis techniques are data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this study show: 1) The concept of PJJ during the pandemic is using an online model with the previous curriculum K13 being an emergency curriculum during the pandemic. 2) Namely the use made during PJJ only through the WA group application by giving an instruction to study by reading independently from the PAI package book then when given the task, it is collected at the time given. 3) Supporting and inhibiting factors, namely the supporting factors, half of the school residents have received free quotas. And the inhibiting factors for material delivery and evaluation are more difficult, unable to use methods or media, unstable internet connection. 4) The impact on motivation and learning outcomes, namely the learning motivation of students is still less visible from the desire to learn and encouragement to learn, the hopes and aspirations of students are not fully aware of the importance, the awards given are limited to congratulations, interest in learning PJJ is lacking because delivering material without explanation, the environment is still lacking due to unstable internet connection. The impact of learning outcomes can be seen from the PTS scores of students and the dominant obstacle is not understanding the material provided, so it can be concluded that distance learning using WA cannot increase students' learning motivation and learning outcomes due to many obstacles experienced by students and educators in the learning process.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran jarak jauh; Motivasi belajar; Hasil belajar
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mujahidatul Haibah
Date Deposited: 15 Sep 2021 02:00
Last Modified: 21 Jan 2022 00:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43471

Actions (login required)

View Item View Item