Nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel alhamdulillah balitaku khatam Al-Qur'an karya Dr.Sarmini

Sopyudin, Nenden Lailasari (2021) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel alhamdulillah balitaku khatam Al-Qur'an karya Dr.Sarmini. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab 1.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Berdasar studi pendahuluan, diperoleh keterangan bahwa Pendidikan bertujuan untuk mencetak generasi Rabbani. Novel Alhamdulillah Balitaku Khatam Al-Quran merupakan bacaan yang mengisahkan kehidupan sebuah keluarga dengan menampilkan pesan-pesan yang disampaikan oleh pengarang. Novel ini patut untuk diteliti karena isi buku tersebut sudah di uji cobakan oleh pengarang kepada balitanya sehingga memberikan manfaat dengan penjabaran tips-tips untuk mendidik anak sesuai dengan ajaran Islam dan menyampaikan nilai-nilai pendidikan Islam sejak dalam kandungan. Oleh karena itu, buku ini tidak kalah penting untuk diteliti dibandingkan dengan buku-buku ilmiah yang lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Sinopsis buku Alhamdulillah Balitaku Khatam Al-Quran karya Dr. Sarmini. 2) Nilai-nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam buku Alhamdulillah Balitaku Khatam Al-Quran karya Dr. Sarmini. 3) Implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam buku Alhamdulillah Balitaku Khatam Al-Quran karya Dr. Sarmini. Berdasarkan teori yang ada, nilai pendidikan Islam menurut Sa’id Ismail dapat diperoleh dari enam sumber, yaitu Al-Qur’an, As-Sunnah, perkataan sahabat Nabi, kemaslahatan umum/social, tradisi atau adat kebiasaan masyarakat, dan hasil pemikiran para ahli dalam Islam. Pada penelitian ini, penulis menganalisis buku karangan Dr. Sarmini yang berisikan tentang tradisi kebiasaan mendidik secara islami yang diterapkan oleh Dr. Sarmini pada keluarganya. Langkah-langkah penelitian ini adalah: 1) Pengumpulan data dengan melakukan dokumentasi terhadap buku. 2) Reduksi data dengan memilih, menggolongkan serta mengorganisasikan data. 3) Penyajian data dengan mengelompokkan data dengan bentuk deskriptif. 4) Penarikan simpulan (verifikasi) dengan mengangalisis dan menafsirkan data yang telah disajikan. Hasil analisis terdapat konten: 1) Isi buku menerangkan kisah nyata pendidikan yang diberikan Dr. Sarmini kepada balitanya dengan menyisipkan gambaran nilai-nilai Pendidikan Islam dan implementasinya. 2) Nilai-nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam buku Alhamdulillah Balitaku Khatam Al-Qur’an karya Dr. Sarmini meliputi: Nilai Pendidikan aqidah yang mencakup tauhid, nilai Pendidikan ibadah mahdhah, dan nilai Pendidikan akhlak kepada diri sendiri dan orang lain. 3) Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam meliputi: Meluruskan niat, memberikan contoh anak kecil yang sudah hafal Al-Qur’an, memotivasi anaknya dengan mempertemukan dengan Syekh, mendesain rumah dengan Al-Qur’an adalah sentralnya, dan memberikan motivasi penghargaan dengan pujian verbal dan material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai;Pendidikan Islam;Novel Alhamdulillah Balitaku Khatam Al-Qur'an
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nenden Lailasari Sopyudin
Date Deposited: 15 Sep 2021 07:14
Last Modified: 15 Sep 2021 07:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43524

Actions (login required)

View Item View Item